Tanah Datar-sumateraline. Com (03/09-2022) 

Kita berharap kepada Bupati Eka Putra dengan dijadikannya Talago Biru destinasi wisata tentu jalan menuju talago ini perlu di perbaiki, dan juga kepada Bank Nagari Batusangkar kebetulan  juga hadir hari ini untuk mendukung objek wisata kita mencarikan 
investor mengembangkan Talago Biru ini. Disamping itu di Nagari Atar juga perlu pasilitas Umum seperti ATM Bank Nagari bisa berdiri disin. 
Hal itu dikatakan Ketua Iwatar Nusantara juga sebagai Ketua IKTD Bandung H. Yusparman didepan Bupati Eka Putra dan Ketua DPRD saat meresmikan Gebyar Talago Biru dalam rangka satu Event satu Nagari di Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu (03/09) 
H. Yuspaman, megucapkan terimakasih Kepada Bupati Tanah Datar yang telah memilih Nagari Atar untuk pelaksanaan kegiatan ini dan terimakasih  kepada Ketua DPRD bersama Istri datang di Nagari Atar dan terimakasih juga kepada Ninik Mamak dan masyarakat di Kampung halaman atas terselenggaranya Festival Talago Biru dalam rangka menyukseskan Program Unggulan Pemerintah Daerah yakitu Satu Event satu Nagari. 

Kami dari rantau alhamdulillah bisa pulang kampung hari ini dalam rangka menyukseskan satu Event satu Nagari di Nagari Atar tentunya berkat do'a kita semua, mudah-mudahan apapun acara yang dilaksanakan di kampung kami dari rantau sangat mendukung sekali untuk kemajuan Nagari kita yakitu Nagari Atar. 

"Untuk itu dengan adanya cara seperti ini kami dari rantau selalu membantu demi lancarnya Festival atau Gebyar Talago Biru. Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati yang mana satu event satu Nagari adalah programnya bapak Bupati, tujuanya adalah untuk mengembangkan budaya dan kesenian kita. Karena kegiatan ini di adakan di Talago Biru, mudah-mudahan ini bisa menjadi destinasi wisata Nagari Atar umumnya Tanah Datar, " Ujar H. Yusparman. 

Wali Nagari Atar Halyu Pardi dalam sambutanya mengatakan selamat datang kepada Bupati Tanah Datar dan Ketua DPRD yang telah hadir di Talago Biru dan ucapan terimakasih kepada seluruh Panitia dan masyarakat yang telah ikut berpartisipasi atas tersenggaranya Gebyar Talago Biru, terimakasih juga kami ucapkan kepada Ketua Iwatar se Nusantara dan juga sebagai Ketua IKTD Bandung, H. Yusparman dan perantau Nagari Atar yang sengaja pulang Kampung untuk menyaksikan Satu Event  Satu Event. 

"Alhamdulillah bapak Bupati seluruh Ninik Mamak mendukung kegiatan Festival Talago Biru ini. Seperti yang kita lihat sekarang seluruh Ninik Mamak hadir sebagai bentuk kepedulian Ninik Mamak terhadap Nagari. Karena yang punya Nagari di daerah kita Ninik Mamak," tutur Wali Nagari. 

Atas nama pemeritah Nagari mengucapakan terimakasih kepada Bupati atas di laksanakan nya Satu Event Satu Nagari di Nagari Atar, upaya mengangkat kembali budaya yang terpendan.  Talago Biru yang mana dulunya disini terdapat Kubangan Kerbau, konon dulu di Talago ini ada dua ekor Kerbau yang berkubang disini yang satunya tidak mau meninggalkan kubangan namanya Kerbau Tanduk Emas.

"Kami berharap pelaksanaan satu event satu nagari di Nagari Atar tersebut bisa terlaksana di tahun-tahun yang akan datang.
Tahun depan kita tetap semangat melaksanakan event ini. Tapi yang menjadi gendala bagi kami pak Bupati Akses jalan menuju ke Talago kami berharap bisa dipelajari atau diperbaiki. Karena jantung Nagari Atar itu ada di talago ini," Uajar Halyu Pardi. 

Sebelumnya, pembukaan di Talago Biru Atar dimulai dari memandikan kerbau oleh Bupati Eka Putra, tanda acara akan dimulai diikuti Ketua DPRD Tanah Datar Ronny Mulyadi, Tokoh masyarakat Atar, dan Kepala Pengadilan Negeri Batusangkar. 

Dilanjutkan dengan tradisi  membakar talago. Bupati bersama Ketua DPRD menaiki perahu dan membakar sebuah pondok beratap jerami diatas rakit di tengah-tengah telaga. Proses pembakaran dilakukan dengan cara melepaskan anak panah api.

Setelah memandikan kerbau, dilanjutkan dengan tradisi lama dengan membakar talago. Bupati bersama Ketua DPRD menaiki perahu dan  membakar sebuah pondok beratap jerami diatas rakit di tengah-tengah telaga. Proses pembakaran dilakukan dengan cara melepaskan anak panah api. Tradisi tersebut merupakan tradisi masyarakat Atar dalam bentuk syukur dan menolak bala.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM mengucapkan selamat dan apresiasi  kepada panitia pelaksana yang telah mengangkat kearifan lokal dan terimakasih kepada Forkopinca, Camat Padang Ganting Ronal yang selalu hadir saat masyarakat membutuhkan kalau ada bencana alam di Nagari selau turun kelokasi baik itu siang atau Malam saat saya telpon sudah ada di lokasi bersama dengan Forkopinca. Mudah-mudahan, kedepannya Talago Biru akan menjadi daya tarik bagi masyarakat Tanah Datar dan Sumbar. 

Program Satu Iven Satu Nagari Gebyar Talago Biru juga diharapkan akan mempunyai dampak terhadap peningkatan pengembangan wisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Nagari Atar. Kita berharap dihari ini bisa dikunjungi 5000 orang ke Talago Biru Atar ini," kata Bupati. 

Nampak hadir Bupati Eka Putra dan mantan Bupati Tanah Datar Sadiq Pasadiguoe, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu beserta Istri, anggota DPRD Tanah Datar, kepala Pengadilan Negeri Batusangkar, semua OPD terkait, Kepala Bank Nagari Batusangkar Fauzan, Forkopinca Padang Gating, Camat Padang Ganting Ronal Satria, Kapolsek Padang Gating, Dandramil, Ketua Iwatar H. Yusparman dan Perantau Atar, tokoh masyarakat, KAN, BPRN, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top