Tanah Datar-sumateraline. Com (13/09-2022) 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nagari di sektor ekonomi tetap memproritaskan 
disamping sektor lainnya yang mendukung kesejahteraan masyarakat. Nagari Gurun supaya menjalin hunbungan baik dengan seluruh anggota DPRD agar bisa memanfaatkan dana Pokok Pikirnya untuk Nagari Gurun, karena walaupun bagai mana dana Pokirlah yang bisa membantu Pembangunan Nagari. 

Hal itu dikemukakan Nurhamdi Zahari, ketika memberikan sudut pandangnya dalam acara Musrenbang Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab di gedung pertemuan KAN dan Kantor Wali Nagari tersebut. Dua tahun lamanya masyarakat menghadapi Covid19 tentu kehidupan masyarakat banyak yang terganggu, khususnya Kabupaten Tanah Datar Selasa (13/09). 

Untuk itu, Pasca Covid-19 ini perlu direncanakan pembangunan, sesuai kebutuhan masyarakat, baik di sektor perekonomi maupun dari sektor sosial lainnya.
“Saya pikir, nagari perlu merencanakan bantuan untuk UMKM yang ada di nagari, agar usaha tersebut dapat tumbuh bangkit kembali, karena dengan menggiatkan sektor perekonomian terutama dalam UMKM, ini sudah sinkron dengan visi dan missi kepala daerah,” kata Ketua DPC Partai Demokrat  Nurhamdi Zahari. 

Nurhamdi menambahkan, 
terkait dengan harapan masyarakat Nagari Gurun tentang bantuan dana Pokir, Nurhamdi Zahari mengatakan, sepanjang yang bisa kita bantu akan kita bantu, terutama dalam kegiatan TPA/TPSA musholla, keranda mayat, MCK dan lain-lain yang erat hubungannya dengan kebutuhan masyarakat, tambahnya. 

Sementara Wali Nagari Gurun Hanisben dalam kesempatan tersebut telah menyampaikan tentang rencana pembangunan kedepan, baik berupa penunjang ekonomi maupun sektor lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Ada empat Isu strategi yang yang disampaikan hari ini yaitu di sektor penunjang ekonomi diantaranya pertanian, irigasi Sawah Batuah, Sawah Bungo dan irigasi atau tali bonda Sawah Tonga. Kemudian ada dalam bentuk sosialisasi Germas, penyuluhan penyakit dan hama tanaman dan peningkatan kapasitas niniak mamak atau pemangku adat, "kata Wali Nagari Hanisben. 

Hanisben juga tambahkan, 
yang perlu disampaikan sekali mengai Fisik, karena dari tahun 2020- 2021 sampaikan 2022 tidak ada pembangunan Fisik, karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid. Kita berharap Mudah-mudahan di tahun 2023 nantik kita bisa melaksakan kegiatan Fisik, tambah Hanisben. 

Hadir pada Musrembang Nagari Gurun anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahri, Ketua Tim Musrembang Kabupaten yang di Wakili Kabid DPMPTSP-NAKER, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup (LH), BPBD, Forkopinca, Camat Sungai Tarab Arianto, Kapolsek Sungai Tarab Dandramil dan KUA.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top