Tanah Datar-sumateraline. Com (15/09-2022) 

Musrembang Nagari Rao-rao dalam rangka penyusunan RKP tahun 2023, dihadiri lansung oleh Wabup Richi Aprian yang diusulkan tidak jauh dari usulan pada Musnag Nagari beberapa bulan yang lalu, yang diadakan di SDN Nagari Rao-rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Kamis (15/09) 

Wali Nagari Rao-rao Drs. H. Fahmi Muhammad, menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada Wakil Bupati Richi Aprian, SH. MM bersama OPD yang hadir di Musrembang Nagari, pada penyampaian kegiatan tahun 2021-2022 dalam perencanaan RKP pembangunan tahun 2023.
Pada tahun 2021-2022 banyak kegiatan yang belum terlaksana karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid,  banyak usulan yang belum terkabulkan masyarakat tentu bertanya apa kegiatan yang sudah terselesaikan selama saya menjabat sebagai Wali Nagari yang akan berakhir tidak lama lagi bisa terwujud. Jadi harapan saya di penghujung jabatan saya ini kalau bisa salah satu dari kegiatan ini bisa terealisasikan. 

Yang akan disampaikan hari ini tidak jauh beda dengan apa yang di sampaikan pada tahun sebelumnya, kegiatan yang belum terlaksana kita minta bantuan kapada pihak terkait di Kabupaten juga dari perantau untuk menyelesaikan masalah ini. 

"Periyoritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 RKP di pemerintahan Nagari kegiatan rutin, diantaranya  penyediaan pengasilan tetap dan tunjuangan Wali Nagari dan perangkat Nagari, jaminan sosial bagi Wali Nagari dan BPRN, serta penyediaan operasional Kantor Wali Nagari Rao-raoRao-rao dan penyedian operasional BPRN, kegiatan yang sedang berjalan yakitu pengaspalan Jalan mulai dari balai sampai ke Kumango kenyatanya baru sampai ke Guguak,"kata Wali Nagari Fahmi Muhammad. 

Pada sambutan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, mengatakan musrembanga Nagari Rao-rao untuk penyusunan RKP tahun 2023, tujuan dari musrembang Nagari ini salahtunya menyepakati skala prioritas apa yang telah di sepakati, kebutuhan Nagari yang akan menjadi bahan penyusunan dalam pembangunan Nagari dan menetapkan prioritas kegiatan yang akan dibiayai ABP Nagari. 

Dalam rangka penyusunan rencana pemerintah sistim nya sudah berubah, selama ini sistim nya Top Down, sekarang sudah Top AP, jadi mansyarakat Nagari maupun Kecamatan tentu harus ada pengawalan, tidak bisa usulan diserahkan begitu saja terus kita lepas tangan, yang paling penting harus bersama-sama tentukan skaka prioritas, jangan semua mau dibangun tapi tidak ada yang benar-benar sambat dibutuhkan oleh masyarakat. 

Kita sama-sama mengetahui keuangan pemerintah pasti ada batasnya, kalau jalan kita perbaiki saat ini juga ternyata jalan itu tidak terlalu dibutuhkan, adakah yang lain yang kita butuhkan misalnya. Tapi karena tidak menarik akhirnya justru itu dibutuhkan tidak dilaksanakan, makanya musrembang pada hari ini tujuannya salah satunya itu. 

Bagai mana kita menentukan prioritas, tadi Wali Nagari menyampaikan beberapa kegiatan rencana pembangunan jalan,  alhamdulillah rencana perbaikan jalan simpang balai ke Kumango sampai ke Sumanik InsyaAllah akan dilanjutkan. Tapi tolong bantu mengawasi dan tertibkan karena Kabupaten Tanah Datar 75 Nagari jadi tidak mungkin semuanya bisa di awasi. 

"Saya lihat barusan, saya minta tim dari Kecamatan juga tolong dilihat kontrak pengaspalan Jalan apakah seperti itu kualitas jalanya. Ini berkaitan dengan tanggung jawab kita sebagai penyelengara negara dan pemerintahan, setiap rupiah yang dikeluarkan harus dapat dipertanggung jawabkan, "Uca Wabup Richi Aprian. 

Musrembang dihari Wabup, tim Musrembang Kabupaten, OPD terkait, Forkopinca, Camat Sungai Tarab Arianto, Kapolsek Sungai Tarab, Dandramil atau yang mewakili, KAN, BPRN, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat dan Pemuda serta para Musrembang.(007-n) 





0 komentar:

Posting Komentar

 
Top