Tanah Datar-sumateraline.com (24/10-1022)

Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki 175 sanggar seni pertunjukan, dan sebanyak 75 sanggar seni sudah aktif, itu terbukti dengan adanya satu nagari satu Event yang sudah memakai sanggar masing masing nagari. Sekarang sebanyak 30 pelaku seni dari sanggar kesenian Tanah Datar yang mengikuti pelatihan ini. 
Hal ini disebut Abdul Hakim Asisten 2 saat mewakili Bupati Tanah Datar pada pembukaan Workshop Kabupaten Kota (KK) Kreatif. Sub Sektor Bidang Seni pertunjukan di Ermersia Hoteh Senin (24/10)

Abdul Hakim mengatakan Kabupaten Tanah Datar sudah ditetapkan sebagai salah satu kabupaten kreatif di bidang seni pertunjukan di Indonesia pada tahun 2021 oleh Badan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI. 

Diharapkan dengan setelah ditetapkannya sebagai KaTa kreatif bidang seni pertunjukan tersebut, para pelaku ekonomi kreatif semakin berkembang dan kreatif.

Ia menjelaskan, Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki kurang lebih 175 sanggar seni pertunjukan, dan sebanyak 75 sangar seni sudah aktif. Hal itu terbukti dengan adanya satu nagari satu event yang sudah memakai sanggar masing masing nagari.

Untuk memacu aktifnya sanggar sanggar di nagari, pada tahun depan Pemkab Tanah Datar akan mengusulkan 30 event di satu nagari. 

"Tahun depan kita mungkin akan dua sampai tiga kali melaksanakan event, belum lagi event kamu jawi setiap minggunya. Karena kita saat ini juga mengusulkn 30 event untuk satu nagari satu event pada tahun depan," jelas Hakim. 

Lebih lanjut, Abdul Hakim berharap kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) untuk  mengklasifikasikan sanggar-sangar yang aktif dan membantu untuk pengembangannya, baik itu sanggar-sangar di tingkat nagari, kecamatan, hingga ke tingkat kabupaten. 

"Saya berharap pelaksanaan worshop ini baik peserta maupun panitia ikutilah dengan baik, jangan hanya sekedar ikut tapi outputnya tidak jelas, tapi kalau ada manfaatnya kita akan melaksanakan terus," katanya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana yang juga Sekretaris Dinas Pariwisata Tanah Datar Yessy Akmaliza menyampaikan melihat perekonomian yang terdampak pasca pandemi COVID-19, Dinas Parpora Tanah Datar terus melakukan upaya untuk meningkatkan sub sektor ekonomi dan kreatif. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui acara workshop kreatif bagisub sektor bidang seni pertunjukan bagi pelaku seni. 

"Diharapkan melalui workshop ini dapat meningkatkan pengetahun pelaku ekonomi kreatif serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kunjungan ke Tanah Datar," katannya.(*/007-n) 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top