Tanah Datar-sumateraline.com- Sebanyak sembilan ninik mamak pamangku adat atau penghulu suku di Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) batagak gala pada, Minggu (9/10/2022).

Batagak gala penghulu ini berasal dari empat suku yakni Malayu, Supanjang, Bodi Jantan dan Bodi Batino. Prosesi alek batagak gala penghulu berlangsung di Balai Adat Nagari Padang Magek.

Dari sembilan orang sembilan ninik mamak pamangku adat itu terdapat salah seorang anggota TNI aktif yang bertugas diwilayah Kodim 0307/ Tanah Datar yang mengemban tugas sebagai Danramil 11 /Tanjung Emas yakni Letda Inf Mardison dengan gala Dt. Cumano dari suku Supanjang. 

Wali Nagari Padang Magek, Syafril Jamal menyebutkan, sembilan orang penghulu suku yang dikukuhkan (batagak gala) ini tentunya akan memperkuat adat basandi syarak syarak basandi kitabullah di Nagari Padang Magek.

Sembilan orang penghulu suku ini untuk berkelanjutan membimbing anak kemanakan,” ujar Syafril seperti dilansir langgam.id, Minggu (9/10/2022).

Ia berharap kesembilan penghulu yang dikukuhkan ke depan menjalankan fungsi dan peran masing-masing dengan amanah. Sehingga anak kemanakan betul-betul dapat dibimbing.

Selain itu, kata Syafril, peran penghulu juga sangat penting dalam segi pembangunan daerah. Menurutnya, antara pemerintah dan kerapatan adat tidak akan bisa dipisahkan.

''Karena (penghulu dan pemerintah) saling bahu-membahu, saling mengisi untuk pembangunan pemerintahan di Nagari Padang Magek yang terdiri dari tujuh jorong,” katanya.

Adapun para penghulu suku di antaranya Zulkifli Dt. Elo dari suku Bodi Tino. Kemudian untuk penghulu suku Malayu adalah Arifin Dt. Rangkayo Mulia, Elfi Syukri Dt. Jonan Satu dan Hendra Dt. Mangkuto Jo Lelo.

Selanjutnya penghulu suku Supanjang adalah Letda Inf Mardison Dt. Cumano, Erdimat Dt. Cumano serta Gito Aldivo Dt. Gamuak. Sementara penghulu suku Bodi Jantan terdiri dari
Afrizal Candra Dt. Nanti dan Yulfa Indra Dt. Marajo.

Dalam batagak gala tersebut turud hadir Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, Pimpinan DPRD, Dandim 0307/Tanah Datar Letkol CZI Sutrisno, Camat,  Wali Nagari, ketua KAN, tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top