Dharmasraya-Pembangunan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Dharmasraya, Sumatera Barat secara resmi dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja, Brigjen TNI Purmanto, di Kawasan Sports Center, Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Jumat (21/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan, Dandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Danramil Pulau Punjung Mayor Tuty Andayani, beserta unsur Forkopimda, dan kepala OPD.

Seperti dikutip dari media intrus, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, hadirnya Makodim Dharmasraya adalah suatu harapan yang sudah dinantikan sejak lama, dimana rencana pembangunan sudah dimulai sejak tahun 2014 dan baru terwujud di tahun 2022.

“Jika kita flashback kembali, proses pembangunannya cukup panjang Jendral. Kalau tidak salah rencana ini dimulai bersama Danrem kala itu Pak Nurrahman, bahkan sampai berapa kali Danrem berganti. Namun kami pemerintah daerah tetap komit agar pembangunannya dapat terwujud. Dan alhamdulillah hari ini kita mulai,” kata Sutan Riska, usai kegiatan peletakan batu pertama.

Pembangunan Makodim Dharmasraya menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dengan pagu dana sebesar Rp2 miliar. Makodim Dharmasraya akan dibangun di lahan seluas 10 hektare di kawasan Sport Center Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru. Dimana sebelumnya pemerintah daerah telah menghibahkan lokasi tersebut ke TNI.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) itu, kehadiran Makodim Dharmasraya akan semakin menguatkan sinergitas antara TNI dan pemerintah daerah dalam pembangunan Dharmasraya ke depan.

Raja Koto Besar itu mengatakan, bahwa pembangunan Makodim Dharmasraya tentunya sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat jarak Dharmasraya dengan Kodim 0310 saat ini lokasinya cukup jauh yang berada di Kabupaten Sijunjung.

“Semangat pembangunan ini adalah bentuk komitmen kita dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, tidak terkecuali antara rakyat dan TNI,” katanya.

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto, menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Bupati Sutan Riska dan pemda dengan terwujudnya pembagunan Makodim di Kabupaten Dharmasraya.

Kehadiran kantor kodim sendiri tentu sangat dibutuhkan TNI dalam memaksimalkan pelaksanaan tugas bagi Dandim dan prajurit itu sendiri.

Sebagaimana diketahui ulasnya, saat ini kodim Dharmasraya masih bergabung dengan Sijunjung yang tentunya akan menyulitkan bagi anggota.

“Iya kalau pak Dandim nya punya tiga wilayah tentu dalam melaksanakan tugas badan juga dipecah menjadi tiga. Kondisi ini tentu akan menyulitkan dan konsentrasi kerja akan terpecah juga. Dengan hadirnya Kodim di Dharmasraya menjawab persoalan yang ada selama ini,” katanya.

Ia menilai hadirnya Kodim Dharmasraya akan semakin memfokuskan sinergitas yang dibangun antara Pemda, TNI, dan Polri dalam rangka membatu pemda mewujudkan pembangunan di wilayah.

Begitu juga dalam menjalankan tugas utama TNI dalam membatu pertahanan daerah bagaimana meningkatkan pembangunan pada program daerah dalam mensejahterakan masyarakat dapat terwujud.

Ia berharap dengan pembangunan kodim ini akan semakin mendekatkan TNI dengan rakyat, dan juga kontribusi TNI ke pemerintah daerah untuk mensinergikan program pemerintah. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top