Payakumbuh, SUMATRALINE — Memiliki jaminan kesehatan merupakan hal yang penting untuk perlindungan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Semakin tingginya biaya berobat, membuat masyarakat terkadang enggan mendatangi fasilitas kesehatan ketika mengalami gangguan kesehatan.

Namun, dengan kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digaungkan pemerintah sejak tahun 2014 dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat masyarakat lebih mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan tanpa takut lagi memikirkan besarnya biaya pelayanan kesehatan.

Begitu pula dengan Dasril (56), seorang warga asal Padang Tinggi, Payakumbuh Barat yang telah terdaftar menjadi peserta JKN BPJS Kesehatan sebagai peserta mandiri kelas 3 sejak tahun 2015 silam. Sosok yang akrab disapa dengan panggilan Dasril ini merasa bersyukur karena dirinya telah terdaftar sebagai peserta JKN.

"Alhamdulillah, saya sekeluarga sudah terdaftar dan memiliki kartu JKN. Dulu, saya sempat didatangi orang kelurahan untuk melakukan pendataan masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, tapi saya laporkan sudah terdaftar dengan seluruh anggota keluarga sejak tahun 2015 lalu" ungkap Dasril ketika ditemui awak media saat sedang periksa kesehatan di Klinik Kimia Farma, Koto Nan Ampek, Payakumbuh (Sabtu, 15/10/2022)

Lebih lanjut, Dasril mengaku merasakan perbedaan kemudahan akses pelayanan kesehatan sebelum dan sesudah memiliki JKN. Dulu, Dasril sempat berobat ke puskesmas dengan status pasien umum dan harus membayar biaya pengobatannya secara penuh.

"Sebelumnya, saya mengalami demam dan batuk yang tidak kunjung sembuh. Saya memeriksakan diri ke Klinik Kimia farma ini dan diperiksa oleh Dr. Fido. Karena saya berobat sudah menggunakan JKN-KIS, saya merasa lebih mudah karena tidak perlu memikirkan biaya pengobatan," ujar Dasril. 

Dasril juga berharap masyarakat yang belum terdaftar untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN karena besar sekali manfaatnya untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika kita yang sakit maka akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan secara penuh tanpa ada biaya apapun, dan jika kita tidak sakit maka akan bisa membantu orang lain yang sedang sakit.

"Semoga BPJS Kesehatan dapat terus membantu masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan secara optimal. Kesehatan nomor satu, semoga BPJS kesehatan senantiasa membantu," tutup Dasril.

Secara terpisah awak media menyempatkan diri berbincang dengan salah seorang petugas Klinik Kimia Farma. Petugas menyatakan masyarakat sekarang tidak perlu takut lagi untuk datang ke fasilitas kesehatn untuk memeriksakan kesehatannya, semua sekarang sudah ada jaminan dari BPJS Kesehatan. 

“Dulu mungkin masyarakat yang sudah sakit berat pun akan takut memeriksakan kesehatannya ke Klinik, Puskesmas atau Rumah Sakit, tapi sekarang masyarakat yang demam sedikit saja sudah bisa lansung pergi berobat, karena masyarakat dapat memastikan dirinya tidak akan mengeluarkan biaya kalau berobat”, tambah petugas Klinik Kimia Farma itu yang selalu tersenyum menyapa pasien.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top