Payakumbuh, SUMATRALINE — Salah seorang peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) asal Balai Gurun, Koto Nan Gadang, Payakumbuh, Yulis Melati (74) mengaku terbantu berkat program asuransi kesehatan sosial yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. 

Perempuan yang akrab disapa Yulis ini diketahui mengalami gejala tensi tinggi hingga harus dilakukan pemeriksaan secara berkala.

"Pada awalnya saya sering merasa pusing yang parah, jangankan untuk beraktifitas seperti biasa, untuk berdiri saja saya harus dipapah agar tidak terjatuh," ungkap Yulis.

Yulis mengatakan bahwa kondisi tersebut sempat membuatnya kehilangan semangat untuk menjalankan aktifitas sehari-hari, namun karena biaya pengobatannya ditanggung secara penuh oleh program JKN BPJS Kesehatan ia merasa lebih lega.

"Biaya berobat sekarang cenderung mahal, jadi saya sangat membutuhkan bantuan seperti ini dalam masa pengobatan saya, kami sekeluarga tidak pernah telat membayar iuran, karena kami tahu ini bermanfaat buat semua orang" ujar Yulis ketika ditemui awak media di Klinik Mitra Medika Payakumbuh.

Yulis juga mengatakan bahwa ia sangat antusias ketika program JKN BPJS Kesehatan ini pertama kali diluncurkan, ia segera mendaftarkan diri dengan keluarga demi jaminan perlindungan kesehatan sekeluarga.

"Apalagi, seiring bertambahnya usia maka kondisi kesehatan saya juga ikut menurun dan semakin rentan terhadap penyakit," tukuk Yulis.

Terlebih, Yulis diketahui masih kerap merasa pusing akibat gejala tensi tinggi yang dideritanya, sehingga harus bolak-balik ke klinik untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.

"Dokter mengatakan, kemungkinan terburuk dari kondisi kesehatan saya adalah terjangkit vertigo. Saya bisa kapan saja sakit mendadak dan dirawat di Rumah Sakit. Sebagai peserta Program JKN BPJS Kesehatan, saya tidak perlu takut akan biaya perawatan dan pengobatan. Saya bersyukur dulu lansung mendaftarkan diri jadi peserta JKN" ucap Yulis.

Yulis juga mengaku mendapatkan layanan kesehatan dengan maksimal sama halnya dengan layanan kesehatan lain seperti pasien umum. Dia menilai pelayanan yang diberikan BPJS sudah bagus, contohnya saat Yulis melakukan pemeriksaan di klinik, ia dirawat dan dikontrol oleh dokter dengan baik.

"Semoga program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan dapat terus berjalan dan membantu meringankan masyarakat dalam pelayanan kesehatan," harap Yulis.

Awak media yang datang berkunjung Bersama salah seorang pegawai BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Bidang Komunikasi Publik, melihat lansung pelayanan peserta di Klinik Mitra Medika dan sempat berbincang-bincang dengan dokter Taufik sebagai pengelola klinik. Dokter Taufik menyatakan bahwa pasien yang datang rata-rata dengan keluhan demam dan tensi tinggi.

“Kami mengedukasi pasien selalu melakukan pengecekan Riwayat Kesehatan melalui Skrining Kesehatan yang ada di aplikasi Mobile JKN, dengan itu pasien dapat mengetahui tindakan awal apa yang bisa dilakukan oleh pasien terhadap dirinya. Pasien yang datang akan kita dorong untuk selalu menjalani pola hidup sehat dan berolahraga rutin, obat-obatan sifatnya hanya membantu, yang terpenting itu pasien harus paham sehat itu adalah dari pola hidup dan konsumsi makanan sehari-hari” tambah dokter Taufik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top