Payakumbuh, SUMATERALINE --- Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan menggelar Sosialisasi BOP (Biaya Operasional PAUD) kepada 140 orang kepala satuan PAUD negeri dan swasta se Kota Payakumbuh di Aula Bersama Kantor Padang Kaduduak, Senin (3/9).

Dalam kegiatan ini, Dinas Pendidikan juga mengevaluasi bagaiamana penggunaan BOP tahap 1 yang sudah dilaporkan oleh pihak sekolah, kemudian memberikan wejangan kepada kepala PAUD tentang penggunaan BOP tahap 2.

"Realisasi BOP tahap 1 sudah selesai 100 persen dan tahap 2 saat ini dalam proses," kata Kabid PAUD dan PNFI Syafni Hasni.

Kabid yang akrab dengan sapaan Ani ini juga mengatakan anggaran BOP berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik, untuk tahun 2022 ini dianggarkan Rp. 3.009.000.000 untuk 141 satuan PAUD se Kota Payakumbuh.

"Setiap sekolah mendapatkan BOP tergantung jumlah anak yang terdaftar di Aplikasi Dapodik, untuk setiap jumlah anak dikalikan Rp. 600.000. Serupa dengan dana BOS di SD/SMP/SLTA. Sementara itu pertanggung jawaban penggunaan BOP secara online dilaporkan melalui Aplikasi BOP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Fungsi dinas untuk pembinaan dan pengawasan," kata Ani.

Terakhir Ani menjelaskan BOP digunakan untuk menunjang operasional sekolah seperti pembelian alat permainan edukatif, makanan sehat, honor guru non PNS dan non sertifikasi, kebutuhan ATK sekolah, kebutuhan buku bacaan anak, dan perbaikan sarana ringan.

"Kita menegaskan kepada kepada sekolah agar menggunakan BOP secara optimal sesuai dengan Juknis dari Kemendikbud dan RKAS yang sudah divalidasi tim BOP dinas pendidikan kota," pungkasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top