Payakumbuh, SUMATRALINE — Semenjak beralih dari PT (Persero) Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diamatkan menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat Indonesia dalam pelayanan Kesehatan. Seiring berjalannya waktu, perbaikan dan inovasi terus dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan baik regulasi maupun kerjasama dengan Pemangku Kepentingan maupun pemberi Fasilitas Kesehatan.

Martini (53), merupakan warga Sawah Padang, Payakumbuh Selatan yang telah merasakan langsung manfaat dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tini menceritakan dirinya telah beberapa kali menggunakan kartu JKN saat mendapatkan pelayanan Kesehatan. Ia bersyukur, setiap dirinya mengakses pelayanan kesehatan menggunakan kartu JKN, tidak pernah mengeluarkan biaya apapun untuk pengobatan, karena sepenuhnya sudah dibayarkan oleh Program JKN.

"Sebelumnya saya di diagnosa menderita penyakit diabetes, dimana saya harus melakukan kontrol rutin dan obat yang tidak boleh terputus. Alhamdulillah seluruh biaya saya ditanggungt, sehingga saya tidak perlu mengeluarkan biaya. Seperti kita ketahui kan biaya cek darah, tes labor, dan pemeriksaan lainnya itu kan bukanlah sedikit, termasuk obat-obatan, tidak terbayang jika saya harus membayar sendiri," ujarnya dalam keterangan resmi.

Tini menjelaskan selama memanfaatkan JKN, pelayanan yang didapatkannya sewaktu menjalani perawatan tersebut sangat baik. Selain untuk perawatan sakit diabetes, Tini yang beberapa hari lalu kembali merasakan manfaat dari Kartu JKN ketika memeriksakan kesehatannya karena sakit kepala 3 hari berturut-turut.

"Hari ini saya datang ke Puskesmas Padang Karambia untuk mengecek kesehatan saya. Dokter mengatakan tensi saya tinggi sehingga memicu sakit kepala yang tak kunjung berhenti," jelas Tini.

Tini mengaku semua petugas dipuskesmas maupun rumah sakit sangat ramah dan tanggap dalam memberikan pengobatan kepadanya, tanpa ada perbedaan antara satu pasien dengan pasien lainnya. Kartu JKN, kata Tini, merupakan kartu yang akan selalu digunakan jika sakit. Untuk itu ia akan terus mengaktifkan kartu tersebut dengan membayar iuran rutin.

"Kita tidak tahu kapan penyakit akan datang, dengan apa yang sudah saya dapatkan dari BPJS Kesehatan, saya harus sadar bahwa begitu pentingnya program JKN ini untuk masyaratkat. Saya sudah berjanji dalam diri saya, membayar rutin iuran JKN setiap bulan adalah suatu kewajiban." ungkap Tini.

Tini berharap, pemerintah selalu mendukung program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, agar dapat berjalan semakin baik dan makin bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Serta masyarakat harus paham iuran yang dibayarkan itu untuk layanan kesehatan semakin lebih baik lagi. Dengan sistem gotong royong, masyarakat yang sakit dapat menggunakan fasilitas Kesehatan sepenuhnya dan bagi masyarakat yang tidak sakit dapat membantu masyarakat yang sakit untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan.

"Jujur saja, kami sekeluarga sangat puas dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Besar harapan saya untuk BPJS Kesehatan dapat senantiasa membantu pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Kota Payakumbuh kedepannya. Semoga BPJS Kesehatan makin sukses dan makin bermanfaat untuk banyak orang," tandas Tini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top