Sumateraline
- Dosen UM Sumatera Barat bersama dosen Universitas PGRI Sumatera Barat melakukan kegiatan pengabdi. Kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan seks bagi kalangan remaja yang ada di Jorong Kalumpang.

Karena terdorong oleh rasa keprihatinan semakin banyaknya terjadi tindakan pelecehan seksual bagi anak dan remaja yang terjadi di Indonesia yang dimuat pada media sosial. 

Sekaligus memberikan sosialisasi tentang pentingnya pemahaman dari sisi hukumnya yang diberikan kepada  masyarakat Jorong Kalumpang Nagari Pamatang Panjang Sijunjung. 

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini maka anak-anak dan remaja serta masyarakat Jorong Kalumpang Nagari Pamatang Panjang mendapatkan sebuah pemahaman yang utuh tentang bagaimana pentingnya pendidikan seks supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diingini dan sekaligus telah mengetahui apa tindakan secara hukum yang akan dilakukan jika hal ini terjadi.



Tim Pengabdian dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari dosen Universitas Muhammdiyah (UMSB) Sumbar dan dosen Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA). Diketuai dari UMSB. Ketua Pelaksana Pengabdian pada Masyarakat : Armalena, S.Pd.I., MA. Langsung menjadi Pemateri, (Sambutan dan Motivasi). 

Yenita Yatim, S.Sos,. M.Pd. pemateri dengan judul "Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Remaja". Sedangkan Budi Juliardi, SH., M.Pd. menjadi Pemateri dengan judul "Pentingnya Pemahaman Hukum Bagi Masyarakat".

Pengabdian pada masyarakat ini dihadiri oleh Kepala Jorong Kalumpang Zul Abdissalam dan sekaligus memberikan sambutannya pada acara pengabdian masyarakat. Para peserta anak dan remaja serta masyarakat Jorong Kalumpang Nagari Pamatang Panjang Kec. Sijunjung Kab. Sijunjung berjumlah lebih dari 50 orang.

Pada kata sambutan Kepala Jorong menyampaikan,"Ucapan terima kasih atas adanya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Dosen PAI UM. Sumbar dan UPGRISBA". begitu yang disampaikan kata sambutan dari kepala Jorong.

Anak-anak dan remaja serta masyarakat sangat membutuhkan sosialisasi dan pencerahan terkait pentingnya pendidikan seks dan pemahaman hukum. Karena dalam kondisi arus informasi saat ini banyak anak dan remaja terjebak pada informasi yang cenderung dipahami keliru dan tanpa memahami secara benar. 

Dengan adanya pengabdian pada masyarakat ini anak dan remaja diharapkan dapat memahami pentingnya menjaga dan menghindarkan diri dari perilaku menyimpang, yaitu pergaulan bebas yang banyak dilakoni oleh remaja saat ini.  


Selain itu, masyarakat secara umum sangat penting memahami hukum yang berlaku di negara kita ini. Jangan sampai buta dengan hukum karena kita hidup di negara ini membutuhkan aturan yang diatur oleh negara.  (YY)


Nama Kegiatan : Pengabdian Pada Masyarakat oleh Dosen PAI Universitas  Muhammadiyah Sumatera Barat dan Universitas PGRI Sumatera Barat


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top