Payakumbuh, SUMATRALINE — Manfaat dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sangat dirasakan oleh Ria Marleni (34), seorang warga Seberang Parit Koto Tangah, Batu Ampa, Akabiluru, Kabupaten 50 Kota dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 di Piladang.

Setelah menjadi peserta BPJS Kesehatan dirinya tak lagi kuatir dengan persoalan pembiayaan jika sewaktu-waktu sakit. Tak hanya melulu untuk kendala sakit biasa saja, Ria pun menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan disaat akan melahirkan anak kedua secara operasi caesar di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Sukma Bunda Kota Payakumbuh.

"‘Alhamdulilah, Saya sangat bersyukur dengan telah terdaftar nya sebagai peserta BPJS Kesehatan, sehingga dalam proses persalinan kemarin saya sangat terbantu dan sangat dipermudah hingga anak saya bisa lahir dengan selamat dan sehat serta untuk anak saya juga bisa langsung didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan semenjak hari pertama dia lahir,” ujar Ria bahagia.

Ria juga mengungkapkan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan sangat baik, sehingga ia merasa seperti mendapatkan pelayanan kesehatan untuk pasien umum. Menurutnya, beban biaya yang ditanggung bagi peserta BPJS Kesehatan menjadi lebih ringan dengan adanya jaminan seluruh biaya pelayanan kesehatan.

"Sebelumnya dokter sudah mengatakan untuk persalinan anak kedua saya ini termasuk kedalam kategori kelahiran yang cukup berisiko, sehingga pihak RSKIA harus mengambil tindakan untuk operasi caesar karena usia kehamilan juga sudah cukup. Dan setelah melahirkan, saya harus dirawat selama tiga hari terlebih dahulu untuk pemulihan pasca operasi dan hari ini merupakan hari kedua sehingga saya baru diperbolehkan pulang esok hari oleh pihak RSKIA," ujar Ria saat ditemui di RSKIA Sukma Bunda, Senin (10/10/2022)

Petugas RSKIA mengatakan kepada Tim Media, “Pasien hanya diminta menunjukkan identitas kepesertaan BPJS Kesehatannya saja berupa Kartu BPJS Kesehatan atau KTP serta surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, maka peserta sudah berhak mendapatkan seluruh pelayanan Kesehatan sesuai haknya dan tentunya sesuai ketentuan yang berlaku”

Ria Marleni menambahkan, ‘Harapan saya semoga BPJS Kesehatan dapat terus berjalan dan dapat menjalankan program-program dengan sebaik-baiknya sehingga banyak masyarakat yang terbantu dan dapat merasakan kemudahan atas layanan dari BPJS kesehatan ini, serta untuk masyarakat agar selalu memenuhi kewajibannya untuk membayarkan iuran tepat waktu agar tidak terjadi kendala saat mau mendapatkan pelayanan kesehatan,” harapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top