Tanah Datar-sumteraline. com (27/10-2022) 

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian membuka secara resmi acara sosialisasi peluang kerja luar Negeri dan perlindungan kepada PMI sebagai VVIP yang dihadiri anggota DPR RI Komisi IX dr. H. Suir Syam di SMA I Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat pada Kamis (27/10) 
Disambutannya Kepala Badan Perlindungan Migran Indonesia (BP2MI) Sumatera Barat, Bayu Aryadhi, S. Sos, menyampaikan BP2MI ini adalah salah satu lembaga pemerintah, bukan milik swasta, karena sering orang banyak berhangapan ini pihak swasta, atau perusahaan untuk masyarakat bekerja di luar Negeri. 

Berdasarkan amanat Undang Undang 1945 pasal 27 ayat 2 bahwa setiap Warga Negara memiliki hak untuk bekerja, artinya Negara belum bisa memenuhi peluang kerja di dalam Negeri, masyarakat memilki kesempatan bekerja di luar Negeri. Artinya bukanlah kewajiban, ini adalah suatu solusi atau opsi pilihan ketika di Negara kita terkait dengan lapangan kerja yang belum memenuhi. 

"Untuk bekerja di luar Negeri tidak perlu berlama-lama, artinya kita jangan takut memberikan ijin kepada anak atau keponakan kita untuk bekerja di luar Negeri. Selama masih melalui prosedur dan Undang-Undang yang berlaku, InsyaAllah para pekerja Migran Indonesia akan mendapatkan perlindungan secara menyeluruh dari pemerintah, "tutur Bayu Aryadhi. 

Jadi bagi masyarakat yang akan berangkat keluar Negeri untuk bekerja yang paling penting sekali agar melapor ke Wali Nagari atau kepala Dusun sesudah itu lansung ke Dinas DPMPTSP Naker di Kabupaten/Kota masing-masing, Ujarnya. 

Pada sambutan Wakil Bupati Tamah Datar Richi Aprian, SH. MH mengatakan, ucapan terimakasih kapada anggota DPR RI dr. H. Suir Syam, M. Kes., MMr, dan BP2MI yang jauh-jauh datang khusus untuk mensosialisasikan peluang kerja ke luar Negeri bagi masyarakat di Nagari Padang Ganting khususnya Kabupaten Tanah Datar. 

Seperti yang kita ketahui arus tehnologi Globalisasi kita harus bisa memaafkan untuk mencari kerja ke luar Negeri, tapi yang dibutuhkan tenaga kerja yang terlatih, seperti yang disampaikan BP2MI Sumbar tadi, ini program pemerintah tujuannya untuk melindungi, para pekerja Migran yang akan bekerja keluar Negeri dari berangkat hingga pulang kembali ke Kampung halaman. 

"Selama ini banyak tenaga kerja di luar Negeri ada yang pulang karena ada masalah atau pulangnya hanya jenazahnya, Rata-rata yang pulang seperti itu yang tidak melalui jalur resmi ini yang harus diperhatikan, Hati-hati karena banyak yang meng iming-iming kan kemudahan Syarat-syarat mudah, " Uacap Wabup Richi Aprian. 

Turut hadir anggota DPR RI dari Partai Gerindra Komisi IX dr. H. Suir Syam, M. Kes., MMr, Dra. Lismia Elita, MM Direktur Sistem Strategi penempatan perlindungan Asia Afrika, serta Kepala Badan Perlindungan Migran Indonesia (BP2MI) Sumbar Bayu Aryadhi, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Kadis DPMPTSP, Forkopinca, Camat Padang Ganting Ronal Satra, Polsek Padang Ganting diwakili, Danramil diwakili, Wali Nagari, Kepala SMA I Padang Ganting Alfi Handayati, Ketua pelaksana Defison juga sebagai tokoh masyarakat.(007-n) 







0 komentar:

Posting Komentar

 
Top