Tanah Datar-sumateraline. Com (04/10-2023) 

Masyarakat sangat berharap pemdaman tebing Rambai jalan Jorong Mandaliko bisa terrealisasi pada tahun 2023, karena setiap hujan lebat masyarakat merasa resah dan was-was dengan tebing yang tinggi, rasa akan terjadi lonsor menimpa rumah penduduk di hari hujan, apa lagi sekarang musim hujan. 
Hal ini di sampaikan oleh Wali Nagari Labuah Edi Neldi Katik Muncak Rajo, pada Murenbang Nagari Labuah beberapa hari yang lalu didepan Staf Ahli Bupati Drs. Abrar mewakili PMDPPKB juga dihadiri Mantan Wakil Bupati sekaligus Bupati di penghujung jabatan Zuldafri Darma, di Aula Kantor Wali Nagari Labuah Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Kamis (29/09) 

Wali Nagari E.N. Katik Muncak Rajo, mengatakan apa yang akan disampaikan pada Musrenbang kali ini yang sudah kita sepakati di musyawarah Jorong dan Musnag Nagari beberapa bulan yang lalu. Sudah disusun dalam Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Pembangunan (DU-RKP) tahun 2024.

Skala Prioritas yang paling mendesak sekali tahun 2023 yaitu pembangunan Fisik, pemdaman tebing Rambai Jalan Jorong Mandaliko, karena tebing ini tinggi sekali rawan longsor. Saat hari hujan masyarakat yang rumahnya di bawah merasa resah dan was-was seakan tebing tersebut akan terban di malam hari waktu tidur, apa lagi sekarang musim hujan. 

Banyak yang kita usulkan dari tahun 2020-2021 belum ada yang terealisasi, penyebabnya tahun 2020 daerah kita dilanda Covid-19 maka terjadilah  pemotongan, anggaran dialihkan untuk penanganan Covid sampai sekarang untuk penanganan Stanting, ibu hamil bayi kurang gizi, Stanting wajib karena ini Program Pemerintah.

"Minimal salah satu dari usulan kita bisa terkabulkan di tahun 2023 ini yang penting sekali Pemdaman tebing jalan di Jorong Mandaliko," Ujar Wali Nagari Labuah. 

Sementara Staf Ahli Bupati Drs.Abrar mengatakan, usai menjalani masa sulit, karena dilanda Covid 19, peningkatan perekonomian memang sudah menjadi program Pemkab Tanah Datar, salah satu diantaranya tentu di sektor pertanian, disamping UMKM dan Industri Kecil dan .Industri Rumah Tangga.

“Usulan yang disampaikan wali nagari untuk pendaman tebing jalan di jorong Mandaliko sangat tepat sekali, apa lagi hari musim hujan kalau tidak cepat ditangulangi nantik ini akan berbahaya bagi warga, tinggal lagi bagaimana kondisi keuangan daerah tahun 2023, jika memang mendukung kenapa tidak,” kata Drs.Abrar.

Berkaitan dengan pesta demokrasi yang tidak berapa lama lagi, Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan ini berharap agar lebih dewasa lagi dalam menentukan pilihannnya, mari kita jalani pesta demokrasi secara arif dan bijaksana, jangan semata-mata mengedepan uang, pilihlah figur yang bisa membawa perubahan, ujarnya

Pada musrenbang ini nampak hadir mantan Wakil Bupati sekaligus Bupati pengujung jabatan Zuldafri Darma, PMDPPKB yang diwakili Staf Ahli Bupati Drs. Abrar, OPD terkait, Forkopinca, Camat Lima Kaum Irwan, Kapolsek Lima Kaum yang diwakili Babinkamtibmas, Dandramil diwakili Babinsa, BPRN, KAN, Bundo Kaduang Pemuda/i dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top