Tanah Datar-sumateraline. Com  (02/10-2022) 

Wakil Menteri Tenaga Kerja 
Republik Indonesia beri aplus Program Unggulan (Progul) Bupati Tanah Datar, Satu event Satu nagari, bisa memulihkan ekonomi masyarakat setelah dilanda Covid-19, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang betul-betul hidup pada dunia pariwisata, khususnya di Kabupaten Tanah Datar. 

Hal tersebut di sampaikan
Wakil Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia (Wamenaker RI) Afriansyah Noor, saat menghadiri acara satu Event satu Nagari di Kampung halamannya Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu (01/10) 
Afriansyah Noor, mengatakan, hari ini saya mengajak sahabat saya Staf ahli yang menjabat  UMKM Mudah-mudahan Edi Satria Putra Bukittinggi ini juga bisa membantu Sumatera Barat wabil khusus Tanah Datar. Saya menyempatkan diri untuk hadir atas undang khusus dari Bupati Eka Putra, dengan tema satu Event satu Nagari.

"Batusangkar ada 75 Nagari, Insya'allah Bupati Eka Putra akan memantapkan Satu event Satu nagari di empat puluh nagari. Kita berikan Suport kepada beliau mudah-mudahan 40 Nagari siap melaksakan Event Pariwisata, " Ujar Wamenaker RI. 

Indonesia ini beragam-ragam Pariwisatanya, insya'allah, Program Satu event Satu nagari ini akan mampu menghidupkan objek wisata di Kabupaten Tanah Datar, tentu lapangan pekerjaan bertambah seperti Pramuwisata (Guide) bagi wisatawan yang akan datang berkunjung ke daerah kita, ini bagian dari pada Kementerian tenaga kerja, ucap Afriansyah Noor. 

Sebelumnya Bupati Eka Putra pada sambutanya mengatakan pelaksanaan event kali ini patut dicatat dengan tinta emas. Karena dihadiri lansung oleh Wamenaker RI bersama Staf khusus Kementerian Koperasi dan UMKM RI. "Belum pernah sebelumnya program Satu event Satu nagari dihadiri oleh penjabat pusat, baru kali ini terjadi. Oleh karena itu saya mewakili seluruh masyarakat mengucapkan terimakasih atas kehadiran Pak Wamenaker, " Ucapnya. 

Bupati Eka Putra, mengatakan
pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat karena sektor ini memiliki multiplier effect. Tentu ini akan mampu memajukan pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner, dan penyerapan tenaga kerja serta beberapa bidang lainnya. 

"Salah satu program kerja di sektor pariwisata kami adalah Satu nagari Satu event. Setiap nagari di Tanah Datar mempunyai event wisata yang bernilai jual tinggi dan diminati oleh para wisatawan. Melalui pelaksanaan event ini kami harapkan akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari, klub olahraga, UMKM, meningkatkan kunjungan wisata ke nagari dan akhirnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat," terang Eka Putra. 

Seperti halnya laporan panitia pelaksana tambah Bupati Eka Putra, dari 9 pelaksanaan program Satu event Satu Nagari yang sudah terlaksana telah terjadi perputaran uang sekitar 7 miliar, dengan pengunjung mencapai 60 ribu orang lebih. 

Bupati juga berharap, dengan adanya event ini akan dapat kembali mengenalkan kekayaan adat budaya nagari Pagaruyung untuk selanjutnya diwariskan ke anak cucu generasi penerus nantinya. Tidak itu saja, dengan adanya event ini berbagai potensi nagari Pagaruyung tentunya akan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan pengunjung. 

"Dengan adanya Istano Basa Pagaruyung, kita jadikan ikon untuk menarik wisatawan datang ke destinasi lainnya yang ada di Tanah Datar. Tentunya Istano Basa Pagaruyung akan terus kita tingkatkan, karena objek wisata ini adalah ikon pariwisata Tanah Datar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati. 

Pada acara Satu nagari Satu event kali ini selain dihadiri Wamanaker RI juga dihadiri oleh staf khusus Kementerian Koperasi dan UMKM Ir. Edi Satria, Bupati Tanah Datar 2 periode M. Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Tanah Datar periode 2016-2021 sekaligus Bupati Tanah Datar sisa masa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, anggota DPRD Tanah Datar Fraksi Partai Demokrat Eri Hendri, Forkopimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Rajo Pagaruyung Sultan H. Dr. M. Farid Taib Tuanku Abdul Fatah bersama Bundo Puti Reno Rauda Taib selaku ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumbar, Kepala OPD, angku-angku, niniak mamak, cadiak pandai, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top