Tanah Datar-sumateraline. com  (27/11-2022) 

Adri Jinil Dt. Rangkayo Mulia, SH. MH dilanti sebagai Ketua DPP Simawang Saiyo priode 2022-2026 turut dihadiri Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten 1 Elizar, SH, anggota DPRD Tanah Datar Alimuhar St. Sinaro, Ketua DPC Simawang Saiyo se-Indonesia di SDN 02 Balai Gadang Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar pada Minggu (27/11) 

"Dengan tema mengikat Ranah dan Rantau demi Kemajuan Nagari"
Di sambutannya Ketua DPP Simawang Saiyo yang lama Prof. Dr. Ir. Nurhayati Hakim, menyampaikan, laporan dan kegiatan yang belum terealisasi selama ia menjabat menjadi Ketua DPD periode 2018-2022 yang akan di teruskan oleh Ketua DPD Simawang Saiyo priode 2022-2026 Adri Jinil Dt. Rangkayo Mulia. Semoga sukses amanah selama 4 tahun ke depannya. 

Organisasi Simawang Saiyo didirikan pada tahun 1982 adalah Organisasi yang menghimpun anak cucu generasi Aimawang yang berada di Rantau. Tujuan dari Simawang Saiyo adalah menghimpun, mempererat menyatukan semua anak cucu Simawang yang berada di Rantau, menjalin hubungan 
dengan kampung halaman.

"Tujuan agar bisa membantu pembangunan nagari, dan ada yayasan pembangunan Simawang, yayasan ini adalah Organisasi yang membantu Pemerintah Nagari dalam melaksanakan pembangunan di Nagari Simawang, terutama yang menyangkut dengan pendidkan, " Ujar Nurhayati. 

Ada beberapa kegiatan yang sudah di susun DPP yang lama yang akan dilanjutkan DPP baru diantaranya seperti, musyawarah besar nagari untuk membuat program kerja 4 tahun kedepan bagi nagari Simawang, bisa disponsori DPP Simawanng di Rantau dan
pembangunan jalan penghubung Simawang ke Jorong Baduih yang nampak terisolir, Pasar Ombilin di pinggir Danau Singkarak, penyelesaian tapal batas Simawang dengan Solok, termasuk pendirian Kampus baru Pondok Pesantren terpadu, pungkasnya. 

Dalam sambutannya Ketua DPP yang Baru Adri Jinil Dt. Rangkayo Mulia mengatakan, ucapan terimakasih kepada yang hadir di pelantikan DPP Simawang Saiyo, saya lihat banyak yang hadir Dewan Pengurus DPC Simawang Saiyo se-Tanah Air cukup banyak hadir, ada dari Pekanbaru, Duri, Padang, Muaro Bungo, Solok, dari 21 DPC yang ada se-Indonesia sebagian besar ikut hadir pada hari ini. 

"Sebenarnya masih banyak yang lebih pantas dari pada dirinya untuk mengemban tugas berat ini, tapi walaupun harus dipikul. Saya akan melanjutkan semua program yang sudah tersusun dari pengurus yang lama, " Kata Adri Jinil. 

Terimakasih juga kepada Wali Nagari Simawang bersama perangkat yang ikut serta mempersiapkan acara pelantikan pengurus Simawang Saiyo periode 2022-2026.

Pada sambutannya Wali Nagari Simawang Firman Malin Panduko menyampaikan, ucapan terimakasih kepada pengurus DPP yang lama dan selamat kepada Ketua DPP yang baru dilantik, semoga sukses dan amanah kedepannya. 

Menyangkut jalan penghubung Nagari Simawang dengan Jorong Baduih , sebelumnya Pemerintah Nagari sudah ada kesepakatan dengan pemilik Tanah, akan tetapi tidak lama kemudian pemilik Tanah minta ganti rugi Tanahnya yang terpakai tentu dirundingkan kembali untuk menyelesaian jalan tersebut. 

"Mengenai Pasar Ombilin kita sudah sering berkoordinasi dengan pihak Pasar sampai sekarang belum juga nampak titik teranganya, sampai dengan bangunan di pinggir Danau Singkarak yang dilarang orang Provinsi bahwa bagunan tidak boleh didirikan disana, kita pihak Nagari sudah melarang mendirikan bangunan tapi kita dibilang tidak memperjuangkan masyarakat," kata Wali Nagari. 

Kalau tidak diperbolehkan kenapa tim dari Provinsi tidak turun kesana untuk melarang, karena dari tahun 2011 bangunan itu sudah ada yang berdiri, seharusnya orang Provinsi juga menegaskan tidak ada yang boleh mendirikan bangunan tersebut, mayangkut tapal batas Simawang dengan Kabupaten Solok,  Pemeritahan nagari sudah sering di Panggil ke Provinsi untuk menjelaskan permasalahan tapal batas tersebut, sudah dua kali turun kesana melihat tapal batas tetapi belum juga ada titik terangnya, beberapa hari yang lalua kita juga dipanggil ke Provinsi, kita kira sudah ada titik terangnya, tapi belum, tutur  Firman.

Turut hadir Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Satu Elizar, SH, Kerua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. bungsu anggota DPRD Alimuhar, Ir. Sadiq Pasadigue Bacalek Legislatif DPRI, mantan Ketua DPP Simawamg Saiyo priode 2018-2022 Prof. Dr. Ir Nurhayati Hakim, pengurus DPC se-Indonesia,Forkopinca, Camat Rambatan Ikrarr Falepi, Wali Nagari Simawang Firman Malin Panduko, Wali Nagari III Koto, Kapolsek Rambatan, Danramil, Ketua KAN M. Noer Dt. Rajo Tianso, Ketua BPRN M. S. Dt. Raji Nan Itam, Bundo Kanduang, serta undangan lainnya. (007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top