Payakumbuh, SUMATRALINE --- Kelurahan Balai Jaring Kecamatan Payakumbuh Timur berhasil keluar sebagai juara 1 dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat Kota Payakumbuh tahun 2022.

Menyusul telah keluarnya SK Wali Kota Payakumbuh Nomor 130.14/U30/WK-PYK/2022 tanggal  31 Oktober 2022 yang menyatakan 3 kelurahan sebagai pemenang setelah proses ekspose dan wawancara serta penilaian lapangan beberapa waktu lalu oleh 3 tim penilai masing-masing sesuai dengan bidangnya.

Sementara itu, Juara 2 diraih oleh Kelurahan Padang Sikabu Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dan Juara 3 diraih oleh Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo Kecamatan Payakumbuh Utara. 

Bobot penilaian lapangan memang lebih besar dengan persentase 70 persen. Bagian Pemerintahan Setdako Payakumbuh telah menyediakan hadiah berupa anggaran untuk Juara 1 mendapat 10 juta, Juara 2 mendapat 7,5 Juta, dan Juara 3 mendapat 5 Juta.

“Hadiah dana pembinaan ini akan dimanfaatkan oleh kelurahan, nantinya lurah dan perangkat serta masyarakat lah yang membuat kesepakatan akan dipakai untuk kepentingan umum,” kata Kabag Pemerintahan Aplimadanar saat dihubungi media, Sabtu(5/11/2022) 

Dengan menjadi juara 1, Kelurahan Balai Jaring yang saat ini dipimpin Lurah Musliadi berhak mewakili Kota Payakumbuh untuk lomba ke tingkat Provinsi Tahun 2023. Pada awal tahun 2022 Kota Payakumbuh mengirim Kelurahan NDB yang sebelumnya memenangkan juara 2 lomba tingkat Provinsi tahun 2022.

Menurut Aplimadanar keunggulan Balai Jaring secara umum adalah partisipasi masyarakatnya yang tinggi. Masyarakatnya mampu menyatukan visi misi terbukti dengan tingginya tingkat swadaya, baik dari segi materi maupun sosialnya seperti gotong royong.

“Harapan kami begini seharusnya jalannya sebuah kelurahan, setiap unsurnya bergerak dan saling menopang keberadaan satu sama lain. Kita punya mimpi bagaimana di tingkat provinsi juara 1, karena tahun kemarin kita meraih 2 besar,” kata Aplimadanar.

“Semoga Balai Jaring  bisa menjadi contoh oleh kelurahan lain, dan kami harapkan kelurahan-kelurahan jangan hanya bergerak karena dalam rangka ikut lomba saja, tapi hari-hari biasapun mereka harus bisa tetap produktif dan aktif bergerak dari segala lini demi kemajuan Kota Payakumbuh,” kata Aplimadanar.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Timur Hepi menjelaskan kecamatannya menjadi juara 1 karena kerjasama berbagai pihak terutama masyarakat kelurahan Balai Jaring yang luar biasa kekompakannya. Menurutnya ini menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat mendukung pemerintahan yang begitu luar biasa.

“Penilaian ini tidak hanya aspek lurahnya saja yang dinilai, termasuk organisasi kelurahan seperti LPM, PKK, Karang Taruna yang bergerak memberikan dukungan. Alhamdulillah dukungan ini menghasilkan layanan publik yang baik, mudah-mudahan melalui prestasi ini memotivasi kelurahan dan masyarakat lainnya dalam mendukung pemerintahan yang lebih baik lagi untuk kedepannya,” kata Hepi

Disamping itu, kata Hepi untuk melaju ke tingkat Provinsi, Kelurahan Balai Jaring tentu butuh pembinaan dari OPD teknis, dirinya berharap dukungan itu dapat dimaksimalkan kedepannya.

“Kami sangat berharap dukungan dan pembinaan dari OPD teknis nantinya agar persiapan yang kami lakukan untuk bersaing ditingkat provinsi nanti dapat terencana dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita bersama yaitu mengharumkan nama Kota Payakumbuh di tingkat Provinsi,” Pungkas Hepi (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top