Padang- Rektor UNP Prof.Ganefri, Ph.D didampingi Ketua BAPOMI Provinsi Sumbar yang juga Wakil Rektor III UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D dan Sekretari Panpel, Dr. Asep Sujana Wajyuri, M.Pd. adakan jumpa pers di Kampus UNP, pada Rabu (16/11/2022).

Dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII di Kota Padang, Sumatera Barat pada Kamis (17/11/2022) dimana UNP akan menjadi tuan rumah.

Dikatakan Rektor bahwasannya POMNas kali ini direncanakan akan dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Ganefri menyebutkan, sebanyak 34 kontingen dari 34 provinsi di Indonesia sudah menyatakan ikut dalam ajang olahraga terbesar kedua di Indonesia setelah PON”, paparnya. 

“Mereka datang merupakan delegasi dari BAPOMI seluruh provinsi yang ada di Indonesia”, sambungnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi (PP) Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumatera Barat Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D., menambahkan, POMNas kali ini akan berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 17 s/d 26 November 2022.

“Ada 14 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam POMNas XVII ini”, sebut Hendra.

Ke-14 Cabor tersebut, yakni Atletik, Renang, Bulutangkis, Tenis, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Sepaktakraw, Petanque dan Panjat Tebing.

“Untuk pertandingan hari pertama sudah mulai diperlombakan dua Cabor, yakni Bola Basket dan Futsal,” katanya. 

Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP) ini, berharap pelaksanaan POMNas di Sumbar berjalan lancar dan menghasilkan atlet nasional yang berprestasi dan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah regional dan internasional.

Kemudian, Dr. Asep Sujana Wajyuri, M.Pd, selaku Sekretaris Panpel menyebutkan untuk ajang kali ini diperebutkan lebih dari 700 medali (emas, perak dan perunggu). Dan dalam catatan panitia, lebih dari 2000 atlet dan official akan datang ke Sumbar selama POMNas berlangsung.

Untuk lokasi pertandingan/venue, ada tiga lokai, yakni di kampus UNP, Unand dan Politeknik ATI Padang.

” kita menargetkan Sumbar masuk dalam peringkat 5 besar perolehan medali. Berat memang, karena selama ini Sumbar belum pernah masuk 10 besar. Namun, semua tim dan offisial akan memberikan hasil terbaik demi Tuah Sakato,” ungkapnya. 

Terakhir Asep manyampaikan kontingen Sumbar akan mengikuti seluruh nomor pertandingan dalam 14 Cabor. Peluang medali bagi kontingen Sumbar, diharapkan pada Cabor bela diri dan Cabor terukur”, tutupnya. (S/R)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top