Kabupaten Lima Puluh Kota- Batalyon Infanteri 131/Brs merupakan satuan tempur yang senantiasa dituntut untuk selalu siap digerakkan dalam rangka kontijensi yang terjadi di wilayah seluruh wilayah NKRI. Guna mendukung keberhasilan tugas pokok tersebut, maka diperlukan kemampuan yang handal baik perorangan maupun satuan melalui latihan. 
Demikian harapan Komandan Batalyon Infanteri 131/Brs Letnan Kolonel Inf Reno Handoko, S.E

Selain itu Taktik bukanlah ilmu yang dihapalkan tetapi ilmu yang harus diterapkan, dilatihkan dan dikuasai oleh prajurit sesuai jabatannya, maka wajib bagi seluruh prajurit Yonif 131/Brs selalu berlatih untuk mewujudkan prajurit yang profesional, handal serta militan karena kesejahteraan bagi prajurit adalah melaksanakan latihan dan latihan. Dengan latihan yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh secara bertahap, bertingkat dan berlanjut akan dapat meningkatkan naluri bertempur bagi insan prajurit sehingga timbul rasa peka terhadap setiap pergerakan musuh yang membahayakan dirinya, Ujar Reno Handoko, S.E. Rabu(23/11/2022).

Uji Siap Tempur (UST) tingkat Kompi senapan atau yang biasa disebut dengan UST Kipan adalah salah satu metode yang dilaksanakan untuk menguji dan mengukur kesiapan tempur satuan setingkat Kompi senapan dalam menghadapi segala ancaman terhadap stabilitad nasional dalam rangka mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kegiatan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi senapan Yonif 131/Brs dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 25 November 2022 di daerah latihan Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten 50/Kota Sumatera Barat, dengan medan yang beragam dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda serta dilaksanakan didaerah pemukiman penduduk. Kegiatan  Uji Siap Tempur tingkat Kompi senapan ini diikuti oleh 146 orang prajurit Yonif 131/Brs yang terorganisir dalam gabungan 3 Kompi Senapan.

Adapun materi yang dilaksanakan dalam Uji Siap Tempur Tingkat Kompi senapan Yonif 131/Brs antara lain : Lawan Penghadangan Kendaraan, Lawan Penghadangan Jalan Kaki, Patroli Keamanan Pencarian dan Pembersihan, Pelingkaran, Serangan Pemukiman.

Kegiatan Uji Siap Tempur tingkat Kompi senapan ini bertujuan untuk menguji kesiapan tempur prajurit Yonif 131/Brs, sehingga satuan setingkat Kompi selalu siap setiap saat dalam melaksanakan tugas yang diberikan, terutama dalam penugasan tempur dan penugasan lainnya baik dalam maupun luar negeri.

Hasil yang diharapkan dari Uji Siap Tempur tingkat Kompi Senapan ini adalah mampu dan lulusnya Kompi senapan Yonif 131/Brs dalam melaksanakan semua materi yang di ujikan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu kesiapan tempur Kipan Yonif 131/Brs setiap saat.(Penrem032)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top