Payakumbuh, SUMATRALINE -- Hebat! Itu kata yang patut diberikan untuk Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh. Hal ini bukan tanpa sebab, karna pemerintah kota Payakumbuh menjadi perwakilan satu-satunya dari Provinsi Sumatra Barat untuk mengikuti ajang Bhumandala Award 2022 yang berlangsung di Kabupaten Bogor, Kamis (03/11).

Tentu tidak mudah untuk masuk kedalam salah satu kandidat di ajang Bhumandala. Dimana untuk dapat menjadi salah nominator, sebuah Pemerintah Daerah harus dan telah mampu memberikan inovasi dan informasi geospasial yang berdampak pada peningkatan efisiensi, efektivitas dan produktivitas dalam melayani masyarakat.

Dalam ajang Bhumandala award tahun 2022, Kota Payakumbuh akan bersaing dengan lima kota lainnya se- Indonesia. Hal ini terlihat jika Pemko Payakumbuh serius dalam pemanfaatan informasi geospasial di berbagai sektor, seiring pesatnya peningkatan teknologi berbasis spasial.

Saat penilaian berlangsung, Ketua Dewan Juri Heri Sutanta sampaikan harapannya agar nanti akan munculnya wajah baru dalam Bhumandala Award 2022 yang hal ini tentu juga akan bisa memacu lebih banyak lagi lembaga yang turut mengembangkan informasi geospasial di unitnya masing-masing.

“Harapan kami, ajang ini dapat memberikan motivasi, meningkatkan semangat pemerintah dalam membangun simpul jaringan pada kelima elemen simpul jaringan informasi geospasial, yaitu kebijakan, kelembagaan, SDM, teknologi, dan standar," katanya saat memberikan sambutan dalam ‘Pembukaan Penjurian Bhumandala Award 2022’.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai. BIG terus mendorong seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengembangkan simpul jaringan agar dapat membantu proses pengambilan keputusan.

Menurut Aris, di era digital ini, tantangan akan semakin berat. “Masyarakat akan menuntut lebih banyak. Informasi geospasial dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan publik yang lebih bagus. Orientasi kita adalah pelayanan prima dan juga keterbukaan informasi publik,” ucapnya.

Selain infrastruktur, elemen SDM adalah kendala yang sering muncul dalam pengelolaan simpul jaringan. Untuk mengatasi masalah tersebut, BIG kini melakukan pembinaan aparatur sipil negara (ASN) fungsional surveyor pemetaan (surta).

“Kami berharap Bapak Ibu dapat menyampaikan ke pimpinan di setiap unit untuk membuka formasi ASN fungsional serta untuk mengelola data spasial sehingga informasi geospasial semakin berkembang. Formasi ini akan menjamin kepastian karir bagi pengelola informasi geospasial,” tutur Aris.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan Penganugerahan penghargaan simpul jaringan atau Bhumandala Award merupakan bentuk apresiasi BIG dalam membangun elemen-elemen simpul jaringannya agar terus terbina secara berkelanjutan menuju Simpul Jaringan yang aktif dan operasional.

"Alhamdulillah, kita telah memberikan semua informasi serta menyampaikan semua kegiatan yang telah dilakukan Pemko Payakumbuh terkait Bhumandala Award 2022 ini," kata Pj. Wako Rida Ananda.

"Mudah-mudahan dalam pemanfaatan satu data untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, Payakumbuh bisa menjadi yang terbaik di Indonesia. Dan kami juga mohon doa dan dukungan dari semua unsur dan elemen masyarakat Payakumbuh," pungkasnya.

Berikut daftar nominasi Bhumandala Award 2022 yang mengikuti tahap presentasi dan penjurian:


Tingkat Kementerian/Lembaga:

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian Perhubungan


Tingkat Provinsi

DI Yogyakarta

DKI Jakarta

Jawa Barat

Kalimantan Selatan

Kalimantan Timur

Sumatera Selatan


Tingkat Kota

Kota Banjarmasin

Kota Bontang

Kota Manado

Kota Palembang

Kota Payakumbuh

Kota Tangerang


Tingkat Kabupaten

Kabupaten Bantul

Kabupaten Gunungkidul

Kabupaten Kubu Raya

Kabupaten Musi Banyuasin

Kabupaten Sleman

Kabupaten Tulungagung (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top