Pasaman – Upaya pencarian dan pertolongan korban hanyut dan tenggelam a.n. Afif Fadhrul Rahman (Afif 17 th) siswa MAN Lubuk Sikaping. Lokasi kejadian di Kawasan wisata Bayang Aia. Air Terjun Murai Tinggi Jorong Tanjuang Alai, Nagari Pauah Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat. Proses evakuasi jasad korban terkendala cuaca buruk, tingginya debit air dan derasnya arus. Lokasi juga terbilang ekstrim dengan kontur tebing curam. Jarak lokasi kejadian dengan Posko Sar gabungan sejauh 1 jam perjalanan melalui jalan setapak perkebunan, hutan Kawasan Bukit Barisan. 

Memenuhi permintaan Pemerintah Kabupaten Pasaman,melalui Wakil Bupati, Bapak Sabar AS., Rabu, 16 November 2022. Komandan Lantamal II, Kolonel Laut (P) Benny Febri, M.M., M.Tr Opsla, menerjunkan tim selam Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II serta tim pendukung. Dengan Komandan Tim Evakuasi, Letda Mar Rahmat Saputra, tim tiba di lokasi pada siang hari dilokasi. Jum'at, 18 November 2022.

Upaya evakuasi ini bekerja sama dengan Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (BPPN/BASARNAS), BPBD, Relawan serta masyarakat sekitar. Dari Hasil penyelaman oleh tim selam Lantamal II, diketahui jenazah korban terjepit batang pohon yang melintang di air terjun. Upaya menarik pohon menggunakan tali maupun seling crane tidak berhasil bahkan seling crane putus.

Dengan usaha yang tak kunjung putus selama 10 hari. Baik yang telah dilaksanakan masyarakat sekitar, relawan, BPBD, BPPN/SAR, maupun Tim selam Lantamal II, pada Selasa, 22 November 2022 akhirnya jenazah korban berhasil dievakuasi. Selanjutnya jenazah diserahkan kepada keluarga korban. Korban kemudian dibawa ke RSUD Pasaman guna proses otopsi lebih lanjut. Dengan berakhirnya proses evakuasi, Tim selam/evakuasi Lantamal II, Kembali ke Mako Lantamal II Padang.

Dispen.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top