Yesi Sofia Azhari

Siswa SMA N 13 Padang

Matahari menunjukkan sinarnya menerangi bumi, udara yang segar dan sejuk mengiringi langkah kakiku menuju sekolah. Aku siswi SMA N 13 Padang pada hari ini tepat pada 27 November 2022 mengikuti kegiatan Scout entrepreneur di sekolah ku.

Kegiatan ini dapat mengubah cara berpikir ku tentang masa depan, banyak pembelajaran yang aku dapat dari kegiatan ini, yang pertama  perihal kesuksesan yang di bawakan oleh kakak Wisesa Atha Raihan ketua DKD Sumatra barat, beliau berkata "Kunci sukses itu adalah sebuah proses, 
Kita harus berproses untuk meraih mimpi, Terus berpikir untuk  bangkit, terus melangkah maju menghantam masalah, Jika ingin sukses kita harus memiliki prinsip, Gigih, tidak takut gagal, sebuah kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda, dan trus tampil percaya diri. 

Ada quoetes yang mengatakan
 "sukses tidak datang sendiri jika bukan kita yang mencari kesuksesan itu".

Salah satu teman ku bertanya, 
"Sukses itu ketika kita menjadi apa ?"

Beliau menjawab "sukses itu relatif ( perjalanan) dan yang bisa menyatakan bahwa kita sudah sukses hanya orng lain, bukan diri kita sendiri, kita hanya bisa memandang kesuksesan dari mimpi yang sudah terwujud".

Kata motivasi dari kakak Wisesa Atha Raihan  membuat aku semangat untuk menjelajahi dunia,  pada awalnya aku selalu berfikir apakah aku bisa untuk meraih kesuksesan? Namun pada hari ini, aku merasa aku mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang bersarang di kepalaku sendiri, aku bisa meraihnya jika aku memiliki tekad untuk mewujudkannya 

Pembelajaran kedua yang aku dapat yaitu dari kakak iqra chissa ketua dewan pembina hipmi Sumbar 
Beliau menyinggung tentang kewirausahaan materi inti dalam kegiatan ini, Bagaimana cara membangun jiwa kewirausahaan?
Mengapa kita harus memiliki motivasi?
Begitu banyak pembelajaran bisnis yang di berikannya, namun satu hal yang membuat aku terkesan, beliau mengatakan "jika kita berbisnis jangan memikirkan keuntungan".

Aku berpikir bukankah kita berbisnis untuk mendapatkan untung lantas bagaimana bisa tidak memikirkan keuntungan

Namun beliau menjelaskan dengan perumpamaan, "seperti memancing ikan, semakin besar kita memberi umpan, semakin besar juga ikan yang kita dapatkan" Artinya semakin banyak kita berbagi, dan memberi sesama, maka kita akan mendapatkan lebih banyak dari itu, Allah akan membalasnya berkali lipat.

Aku sangat bersyukur bisa menjadi salah satu peserta dari kegiatan ini, begitu banyak pembelajaran yang bisa aku petik,  acara Scout entrepreneur benar benar sangat bermanfaat bagi ku, mungkin bagi teman teman yang lain pun begitu, Pramuka mengajarkanku banyak hal tentang memandang dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top