Limapuluh Kota, SUMATRALINE — Rangkaian Peringatan Hari Bela Negara (HBN) tahun 2022 ini di Sumatera Barat bakal meriah. Salah satu kegiatannya adalah Tour de PDRI. Tour ini akan berlangsung sebanyak VII etape, dimulai tanggal 13 Desember 2022 dengan start awalnya dari kantor Gubernur Sumbar dan finis di Bidar Alam, Solsel. Pengibaran bendeda start pada etape awal ini dilakukan Gubernur Sumbar.

Etape II, 14 Desember 2022 starnya dari Bidar Alam, dan finisnya di Dharmasraya. Kemudian etape III, 15 Desember 2022 , starnya dari Dharmasraya dan finis di Sijunjung. Etape IV, 16 Desember 2022 star dari Sijunjung finisnya di Bukittingi.


Dan etape VI, 17 Desember 2022 star dari Bukittinggi, finisnya di Limapuluh Kota.

Serta etape terakhir atau ke VII 18 Desember 2022 star dari Tugu PDRI Jorong Koto Kociak, Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguk dan finisnya di Kampuang Sarugo, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh.

Kegiatan diatas digelar Dispora Provinsi. Khusus etape ke ViI ini dikelola Disparpora Kabupaten Limapuluh Kota.

Roundown kegiatan diatas diperoleh Pilangbangsa News dari Disparpora Limapuluh Kota.

Kabid Pariwisata Disparpora Ali Hasan, S Sos tidak membantah ketika dikonfirmasikan Pilarbangsa News, Senin (5/12/2022) siang di ruang kerjanya.

“Memang kegiatan Peringatan Hari Bela Negara tahun 2022 ini tingkat provinsi beraneka kegiatan dengan pelaksanya Kesbang Linmas Provinsi dan Kabupaten. Kemudian Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Limapuluh Kota,” jelas Ali Hasan.

Khusus pada etape VII, yang dilaksanakan Disparpora Limapuluh Kota bakal diikuti 150 orang pembalap, 50 diantaranya dari provinsi.

“Ya,, pada etape ini sekitar 150 pembalap akan ambil bagian,” ujar Ali Hasan.

Ali Hasan juga menginformasikan kegiatan pada tanggal 18 Desember malam di Kototinggi, diantaranya sarasehan dengan pembicaranya antara lain Menko Polhukam Mahfhd MD dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah, serta sejarawan nasional dan dan lokal Sumbar.

“Semua tamu-tamu akan menginap di home stay rumah gadang di Kototinggi,” tambahnya.

Esok siangnya, pungkas Ali Hasan, hari puncak, yakni upacara Hari Bela Negara di lapangan Monumen Nasional PDRI. (wba)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top