Payakumbuh, SUMATRALINE — Kepala dinas Sosial Kota Payakumbuh Irwan Suwandi didapuk sebagai salah satu dari beberapa orang narasumber dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Pekerja Sosial Masyarakat Kota Payakumbuh.

Bimtek yang berlangsung di hotel Grand Malindo Bukittinggi, dari tanggal 02 sampai 04 Desember 2022 tersebut diikuti sebanyak 75 orang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Calon PSM di kota Payakumbuh.

Dihubungi media setelah kegiatan berlangsung, kepala dinas Sosial Irwan Suwandi mengatakan jika Bimtek dilaksanakan oleh dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat melalui pokok pikiran (pokir) wakil ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar.

Irwan Suwandi sampaikan jika kegiatan Bimtek bagi PSM Kota Payakumbuh itu dilaksanakan guna penguatan kelembahgaan PSM. Selain itu juga untuk memberikan bekal pengetahuan kepada PSM tentang dasar-dasar praktik pekerjaan sosial. Selanjutnya untuk meningkatakan kemampuan tenaga PSM yang menangani berbagai permasalahan sosial dan meningkatkan jejarning kerja antara PSM dengan Teaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), serta memberikan motivasi PSM dalam membantu pemerintah terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kota Payakumbuh,” ungkap Irwan saat dihubungi via WhatsApp, Minggu (4/12).

Menurut Irwan, PSM tentu memiliki peran vital sehingga musti terus ditingkatkan. Dengan pemberian pengetahuan dan keterampilan dasar tentu hal ini akan dapat mendongkrak dan meningkatkan kinerja PSM, meski kerjanya bersifat sosial namun pemberian pelatihan semacam ini sangatlah penting,” lanjut Irwan.

Terkait dengan Permensos Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pekerja Sosial Masyarakat, Irwan Suwandi membeberkan bahwa setiap orang akan dibawa kepada pemahaman bagaimana sosok PSM tersebut.

“Luar biasa. PSM dinyatakan sebagai warga negara yang SUKARELA membantu masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintah untuk menjalankan usaha kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Saat memberikan materi, Irwan mengatakan jika selalu mengulang-ulang kata “suka rela sama dengan suka bekerja dan rela tidak untuk digaji. Dan Alhamdulilah, seluruh PSM yang hadir kompak menjawab iya, sehingga mereka mau dan sanggup bekerja ikhlas demi kesejahteraan masyarakat semua,” ungkap Irwan.

Diakhir pemaparannya, Irwan turut berpesan kepada PSM tersebut yang mana pesannya ialah “jadikan hatimu seluas samudera sehingga sebesar apapun masalah, umpatan dan kekesalan yang ditumpahkan orang padamu, InsyaAllah hatimu siap menampung dan menelan masalah itu sehingga menjadi hilang. Demikian hati yang harus dipunyai oleh Seorang PSM,” tandas Irwan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top