Payakumbuh, SUMATRALINE — Dalam rangka telah dilaksanakan kurikulum merdeka pada semua jenjang pendidikan di Kota Payakumbuh, Kab. Tanah Datar dan Kab. Lima Puluhkota. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek RI memberikan perhatian khusus terutama bagi Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Kab. Tanah Datar dan Kab. Lima Puluh Kota sebagai 3 daerah dari 17 Kab/Kota se-Indonesia yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka seratus persen pada semua jenjang pendidikan baik formal maupun non formal dimulai dari Paud, TK, SD dan SMP dan Kesetaraan.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek RI telah memberikan bimbingan dan pendampingan secara berjalan dalam pelaksanaan IKM ini hingga relisasi pelaksanaan juga diperhatikan oleh Puskur BSKAP dalam bentuk kegiatan yang digelar yakni Umpan Balik Kurikulum Merdeka diadakan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek RI dilaksanakan pada Senin tanggal 26 Desember 2022 bertempat di Aula Ngalau Indah Balaikota Payakumbuh.

Dibuka Langsung Walikota Payakumbuh diwaliki oleh Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi, M.S.IP., MM pada sesi pembukaan dengan narasumber /dibimbing langsung oleh Plt. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek RI, Dr. Zulkifri Anas, M.Ed dan Tim, Dr. Yogi Anggraena, M.Si. Kegiatan dibuka langsung Walikota Payakumbuh.

Dihadiri sebanyak 65 orang peserta dari Kota Payakumbuh, Kab.Lima Puluh Kota, Kab. Tanah Datar dengan tuan rumah Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Peserta kegiatan juga termasuk Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril,S.Pd,M.Pd, Plt. Kepala Dinas Kab. Lima Puluhkota Retyanda,S.PdI, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tanah Datar, Riswandi,S.Pd,M.Pd, 45 orang peserta dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh terdiri dari Tim TPK Dinas Pendidikan, Pengawas Satuan, Kepala Sekolah dan Guru (Paud, Kesetaraan, TK, SD dam SMP), 15 orang peserta berasak dari Kab. Lima Puluhkota yang terdiri dari Dinas Pendidikan, Pengawas Satuan, Kepala Sekolah dan Guru, dan 5 orang peserta dari Kab. Tanah Datar terdiri dari Dinas Pendidikan, Pengawas Satuan, Kepala Sekolah dan Guru.

Dalam membuka kegiatan ini, Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi, M.S.IP., MM menyampaikan bahwa Kota Payakumbuh sesuai dengan laporan pak Dasril telah melaksanakan kurikulum merdeka 100 % pada semua jenjang pendidikan pada Juli 2022. Dalam perkembangan dan pelaksanaan IKM tentu mendapat banyak persoalan baik sisi pelaksanaan yakni guru dan siswa dan budaya literasi yang juga menjadi persoalan dari dinamika yang berkembang tapi kita tidak boleh berkecil hati ataupun tidak peduli.

Plt. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BKSAP) Dr. Zulfikri Anas, M.Ed pada paparannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang telah memfasilitasi kegiatan ini.



Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril,S.Pd,M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa Kota Payakumbuh telah melaksanakan IKM seratus persen pada semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat Paud, TK, SD, SMP hingga Kesetaraan sejak Juli tahun 2022.

“Dari rangkaian pelaksanaan IKM ditemukan dinamika yang terjadi sedemikian rupa, sambil berbenah dan berjalan tentu banyak kekurangan. Pusat Kurikulum Pembelajaran BKSAP Kemdikbudristek RI memberikan kesempatan istimewa yaitu melaksanakan Umpan Balik IKM”, lanjut Kadisdik Payakumbuh.

Kadisdik Payakumbuh berharap dengan adanya kegiatan ini Kab/kota dapat berbenah bagi persoalan dan kendala dihadapi serta apa yang diperlukan sehingga implementasi kurikulum merdeka semakin baik dilaksanakan di daerah kita masing-masing.

Ditemui terpisah Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh (Tim TPK) Nikmat Elva,M.Pd berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada satuan pendidikan dalam penyempurnaan implementasi kurikulum merdeka pada suatu proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan pencapaian lebih maksimal.

Dipenghujung kegiatan, Wali Kota Payakumbuh Drs. Rida Ananda, M.Si dalam kesibukannya berkesempatan hadir dan menyampaikan ucapan selamat datang serta terima kasih atas di pilihnya Payakumbuh sebagai tuan rumah dalam kegiatan Umpan Balik Implementasi Kurikulum Merdeka. Selanjutnya kegiatan resmi ditutup oleh PJ. Walikota Payakumbuh dan diakhiri dengan foto bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top