Payakumbuh, SUMATRALINE — Bertempat di gedung serba guna (GSG) Sawahpadang Auakuniang, kepala dinas pendidikan (kadisdik) kota Payakumbuh Dasril hadiri wisuda tahfidz siswa Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Payakumbuh Selatan, Senin 12 Desember 2022.

Meskipun dalam cuaca yang mendung tampak antusias masyarakat memadati gedung serba guna Sawahpadang Auakuniang tersebut untuk menyaksikan Wisuda Tahfidz bagi anak tingkat Sekolah Dasar.

Kepala dinas yang bergelar doktor itu  menyampaikan jika Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi Kepala Sekolah Dasar Negeri di Payakumbuh Selatan, 

“Meskipun dengan perencanaan yang bisa dikatakan belum matang, akan tetapi mereka (kepala sekolah-red) dapat menghelat dan melaksanakan persiapan wisuda tahfizh tingkat siswa SD ini dengan sangat matang,” puji Dasril.

Dasril turut ungkapkan bahwa dirinya selaku kepala dinas pendidikan sangat berbahagia, karena dalam kesempatan ini, sebanyak 72 siswa dari 6 sekolah dasar negeri bisa mengikuti wisuda tahfizh. 

“Program Tahfizh Alquran ini merupakan program ekstra kurikuler di sekolah negeri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, terkait dengan program studi alquran, doktor itu sampaikan jika nantinya STAIDA Kota Payakumbuh dapat bekerjasama dengan dinas pendidikan kota Payakumbuh. 

“Kerjasama ini nantinya agar dapat memajukan program Tahfizh Al Qur’an di ranah dunia pendidikan sekola di kota payakumbuh. Dan untuk wisuda tahfidz Quran kedepannya, kami (dinas pendidikan-red) akan selalu perhatikan dan terus berikan dorongan serta semangat sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan optimal,” ujar Dasril.

Dengan semakin banyak hafidz Alquran di kota Payakumbuh, maka akan semakin bagus akhlak anak-anak kita dan kota Payakumbuh yang madani sapat kita capai bersama. Dan anak-anak kita ini kelak bisa menjadi pemimpin-pemimpin yang berkualitas di masa depan,” sambungnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama kepala kantor Kementrian Agama Kota Payakumbuh yang diwakilkan Kanapi, MA menuturkan jika Alquran merupakan sumber ilmu yang menjadi mukjizat Rasulullah SAW. 

“Kita berharap nantinya anak-anak yang telah menghafal Alquran akan dapat membekas dalam hati mereka. Sehingga mereka menjadi generasi penerus yang berakhlakul karimah,” ungkap Kanapi,

Kanapi turut ucapkan selamat kepada anak-anak yang telah wisuda tahfidz alquran, dan untuk anak kita ini agar terus tingkatkan dalam menghafal sehingga nantinya juga akan lebih memahami AlQuran. 

“Dan untuk para orangtua, mari untuk selalu semangati anak-anak kita agar terus meningkatkan motivasi untuk menghafal dan memahami Al Quran lebih lanjut lagi,” tutupnya.

Pada kesempatan Wisuda Tahfizh AlQuran tingkat Sekolah Dasar Negeri itu terlihat juga hadir Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III bidang administrasi umum Ifon Satria Chan, serta anggota DPRD YB Dt Parmato Alam, Forkopimca, dan Kepala-Kepala Sekolah Dasar beserta guru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top