Jawa Barat-Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi bertolak dari Mabes Polri menggunakan Helikopter jenis AW189/P-7002 melakukan patroli pantauan udara pengecekan kesiapan operasi lilin 2022 jalur lalu lintas Tol Jakarta Cikampek 2 Selatan dan mendarat di STPDN Jatinangor, Jawa Barat, Senin (12/12).

Pantauan udara arus lalu lintas dilakukan Kakorlantas bertujuan untuk mempersiapkan strategi dan pola pengamanan di titik titik perbatasan baik antar provinsi maupun antar kabupaten/kota menjelang menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Kita melaksanakan kegiatan pantauan udara berangkat dari titik di Jakarta untuk melihat pengecekan jalur yang akan digunakan selama pengamanan nataru,” ungkap Kakorlantas.

Setelah mendarat di STPDN Jatinangor, Jawa Barat Irjen Pol Firman Shantyabudi mendapatkan pemaparan dari Wadir Polda Jawa Barat AKBP Matrius dan jajaran. Kemudian Kakorlantas melanjutkan pengecekan secara langsung di jalur tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) Jawa Barat.

“Jadi persiapan jelang nataru terus kita lakukan, hari ini kita menerima paparan dari beberapa kasatlantas wilayah dan pengelola jalan tol, kita sudah melihat tol di Cisumdawu dan Japek Selatan karena sesuai dengan informasi dua jalur tol ini akan difungsikan pada saat pengamanan Nataru,” ujarnya.

Jenderal bintang dua ini juga menjelaskan bahwa tol tersebut memang sudah dinyatakan layak untuk dilalui, meskipun masih ada sejumlah pekerjaan berkaitan dengan perapian di beberapa titik.

“Masih ada kita temukan pekerjaan fisik yang belum selesai, kita akan usulkan untuk sementara dihentikan agar tidak menjadi kendala bagi pengguna jalan yang akan melaksanakan cuti Nataru,” kata Firman.

Menurutnya ruas tol Cisumdawu yang rencananya akan dibuka menjelang libur Nataru ini, bisa menjadi pilihan masyarakat untuk melakaukan perjalanan.

“Tentunya masyarakat akan menentukan pilihannya, ini yang harus kita kasih tau kepada masyarakat, supaya kita bisa eliminasi sebanyak mungkin hambatan-hambatan yang akan terjadi di jalan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Korlantas Polri beserta stakeholder melakuakan pengecekan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru di Rest Area KM 68 Serang, Pelabuan Merak, Banten dan Pos Gadog, Jawa Barat pada 5-7 Desember 2022, Pos Lantas Cikopo, Jawa Barat, Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur, pada 28-29 November 2022.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top