Padang-sumateraline.com- Sesuai dengan Permen PUPR Nomor 12 tahun 2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi yaitu, Operasi jaringan irigasi merupakan upaya pengaturan air irigasi dan pembuangannya, termasuk kegiatan membuka menutup pintu bangunan irigasi, menyusun rencana tata tanam, menyusun sistem golongan, menyusun rencana pembagian air, melaksanakan kalibrasi pintu/bangunan, mengumpulkan data, memantau, dan mengevaluasi.

Pemeliharaan jaringan irigasi merupakan upaya menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi jaringan irigasi dan mempertahankan kelestariannya. Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi pada Daerah Irigasi Kewenangan pusat yang menjadi tanggung jawab Balai serta dilaksanakan melalui Tugas perbantuan OP melalui Satker Dinas SDA & BK Provinsi Sumatera Barat menjadi tugas penting bagi bapak-bapak peserta dalam melakukan pelayanan air Irigasi kepada masyarakat petani di Sumatera Barat.

Terdapat beberapa hal krusial yang perlu kami sampaikan berdasarkan penilaian kinerja Irigasi tahun-tahun sebelumnya, dimana kondisi pengelola OP masih belum Optimal dan berikut kondisi kinerja OP Daerah Irigasi dilapangan :

Perlu dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi untuk perbaikan OP

Perlu pembinaan untuk meningkatkan kemampuan petugas OP baik dalam hal Teknik dan non Teknik dan fasilitasi petani dalam berpartisipasi

Perlu dikembangkan koordinasi antara institusi OP irigasi dengan dinas terkait.

Berangkat dari hal tersebut kegiatan Pembinaan Petugas O&P ini menjadi tahapan penting untuk diadakan dengan memfasilitasi pertemuan bapak-bapak peserta dengan Narasumber untuk Menjelaskan beberapa Peraturan dan Kebijakan OP Irigasi, Pemaparan PAI & IKSI serta pemaparan Inovasi baru dalam pelaksanaan O&P yaitu aplikasi E-PAKSI yang nanti akan digunakan dilapangan. Pada kesempatan ini semua peserta petugas OP diharapkan dapat mempelajari pengetahuan tentang Peraturan dan Kebijakan OP Irigasi, Pengisian PAI dan IKSI serta Aplikasi EPAKSI.”- Kepala BWS Sumatera V Padang, Dr. Dian Kamila, ST,MT dalam sambutannya kemarin, pada (07/12)”. (rls) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top