Limapuluh Kota, SUMATRALINE — UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota kirimkan sebanyak 1.450 buah kerupuk Ubi (ketela) kepada masyarakat yang terdampak bencana alam (Gempa bumi) di Kabupaten Cianjur, Bandung Provinsi Jawa Barat. 

Penyerahan bantuan yang berlangsung di Kantor Wali Nagari Sarilamak tersebut berlangsung pada Kamis (1 Desember 2022) yang dihadiri langsung oleh Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya, SE Dt. Kali Nan Putiah yang didampingi perangkat nagari, anggota Bamus Nagari Sarilamak, kepala jorong dan juga perwakilan dari Pemuda Dusun Kandang Lamo.

Dalam kesemupatan itu, Ketua UPZ Nagari Sarilamak, Altoyo mengatakan bahwa Kerupuk Ubi tersebut merupakan produksi UMKM atau masyarakat yang berdomisili di Dusun Kandang Lamo, yang mana mereka memang bekerja sebagai pembuat Kerupuk Ubi. 

"ketika daerah lain mengirimkan bantuan berupa rendang, makanan, pakaian layak pakai, bantuan dana dan lain sebagainya, maka kami dari Nagari Sarilamak berinisiatif untuk mengirimkan Kerupuk Ubi sebagai produk kebanggan Sarilamak yang banyak diproduksi di Kandang Lamo yang juga telah dideklarasikan sebagai Centranya Kerupuk Ubi di Kabupaten Lima Puluh Kota,” ungkap Altoyo dengan semangat.

Menurutnya, upaya berbagi dan memberikan bantuan ini merupakan salah satu sifat urang Minang, terutama warga masyarakat di Nagari Sarilamak. Dimana ketika ada bencana yang menimpa saudara kita di daerah lain, maka masyarakat disini secara suka rela dan bersama-sama langsung membantu mengumpulkan dan menyalurkan bantuan,” ujarny melanjutkan.

Disampaikan oleh ketua UPZ Nagari Sarilamak itu jika dalam pengumpulan bantuan Kerupuk Ubi tersebut telah terlaksana atas kerjasama dengan Pengurus Ikatan Pemuda Pemudi Dusun Kandang Lamo Jorong Sarilamak. Sedangkan untuk pengiriman dan penyaluran ke lokasi terdampak di Kabupaten Cianjur, UPZ Nagari Sarilamak dibantu serta difasilitasi oleh Rumah Zakat Indonesia.

"Tentu atas hal tersebut, kami sangat apresiasi dan sangat berterima kasih terhadap warga Kandang Lamo yang telah memberikan bantuannya guna meringankan beban saudara kita di Cianjur. Dan pada kesempatan ini juga kita di Sarilamak untuk pertama kalinya mengirimkan bantuan berupa Kerupuk Ubi mentah langsung,” terang Altoyo.

Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya pada kesempatan itu menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang setingginya terhadap UPZ Nagari Sarilamak yang telah menginisiasi untuk pengumpulan dan penyaluran bantuan berupa Kerupuk Ubi untuk korban terdampak bencana di Kabupaten Cianjur.

"Pemerintah Nagari Sarilamak sangat support dan mendukung penuh langkah dan program kerja yang dijalankan oleh UPZ Nagari Sarilamak, terutama dalam memfasilitasi dan memberikan bantuan buat saudara-saudara kita yang membutuhkan seperti di Cianjur saat ini,” ungkapnya.

Dilanjutkan, semoga dengan bantuan ini, dapat meringankan beban bagi saudara kita di Cianjur, yang mana saat ini memang sedang membutuhkan bantuan bahan makanan dan kita berdoa semoga masyarakat yang terdampak disana diberikan keikhlasan dan ketabahan untuk menghadapi musibah ini," tutup Wali Nagari dua periode ini.

Sementara itu, Ferdianto selaku Ketua Pemuda Kandang Lamo menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada masyarakat Kandang Lamo, terutama para pelaku usaha Kerupuk Ubi yang telah bersedia menyumbangkan hasil produksi kerupuknya untuk dikirimkan ke Cianjur.

"Semoga dengan kegiatan sosial berupa pengiriman bantuan untuk saudara kita di Cianjur ini, dapat menjadi contoh yang baik serta dapat menularkan semangat kepada kita semua, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, tukasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top