Tanah Datar-sumateraline. Com (26 Januari 2023) 

Kerapatan Adat Nagari (KAN) Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Tabek Patah masuk ke Sekolah untuk memberikan pemahaman Adat kepada anak usia dini, mulai dari SD agar generasi muda tau apa yang terkandung di dalam ABS-SBK salah satu Program Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar pada Kamis (26/01) 
Ketua KAN Nagari Tabek Patah E. Dt. Tanamia, yang ditemui media Sumateraline. Com ini mengatakan, turun ke sekolah untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda di Sekolah, apa yang terkandung dalam Adat Basandi Sayarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS -SBK) agar mereka ada bekal dikemudian hari. 

Apa yang namanya Sambah manyambah di dalam adat. Artinya kita saling menghargai saling menghormati sesama kita, baik kepada guru, orang tua maupun yang muda, yang kita lihat sekarang generasi muda tidak memahami apa arti ABS, SBK. Salah satunya ini yang kita berikan pelajaran kepada anak sekolah di usia dini, supaya bisa mewujudkan Program Pemerintah Daerah Tanah Datar Madani menuju Indonesia Emas mulai dari SD agar tercipta generasi ber ahklak mulia, ucapnya.

Ninik mamak Bundo Kanduang turun ke Sekolah membantu para guru dalam melaksanakan pendidikan terutama sekali dalam mendidik ahklak generasi muda. 

"Anak-anak sekarang tidak seperti kita dulu,  dulu Anak diserahkan kepada guru untuk di didik, malahan disuruh memarahi si anak agar anak tersebut pintar dan patuh, marahnya bukan disakiti hanya untuk mendidik. Sekarang guru tidak bisa berbuat banyak terhadap murid kalau salah memarahi si anak bisa-bisa guru tersebut tersandung hukum, "tambahnya.

Senada dengan itu Ketua Bundo Kanduang yang juga sebagai Sekretaris KAN Nagari Tabek Patah mengatakan, dasar masuk KAN ke sekolah pertama adanya Progul Bupati menjadikan Tanah Datar Madani yang berlandasan ABS-SBK Ahklak budi pekerti. 

Melihat kondisi dilapangan, anak kita generasi muda, khusus untuk Nagari Tabek Patah, maka timbulah keinginan dari KAN untuk menjalin kerjasama dengan Sekolah Sekolah salah satunya Sekolah SDN 01 Tabek Patah. 

"Jadi saya sebagai Sekretaris KAN dan Ketua Bundo Kanduang yang menyampaikan pelajaran ini dengan bahasa yang mengerti oleh si Anak, tentu dengan pola saya sendiri Alhamdulillah anak mengerti apa yang saya ajarkan, " Tuturnya. 

Ada beberapa pelajaran yang diajarkan KAN, Niniak mamak Bundo Kanduang di Sekolah seperti: 

Tata cara Sholat wajib, penyelenggaraan Mayit, pendidikan Ahklak, Adat salingka Nagari, duduak baselo/basimpuah, kato nan ampek, cara berpakaian menurut Adat, Etika dan kepribadian menurut Adat Salingka Nagari Tabek Patah, kata Kepala SDN 01 Tabek Patah. Ucap Bundo. 

Dilain pihak Kepala UPT Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Tabek Patah Syafrides, S. Pd menyampaikan terimakasih kepada KAN Ninik mamak Bundo Kanduang. Terutama sekali kepada pemerintah Daerah dengan adanya program Naniak Mamak masuk ke Sekolah-sekolah dalam menantu memberikan pelajaran Adat salingka nagari. 

"Kami sebagai guru pendidik sangat terbantu dengan program ini, niniak mamak dan Bundo Kanduang telah memberikan apa yang dibutuhkan generasi usia dini, " Ujar Syafrides. 

Dalam hal ini kami sepakat kerjasama dengan KAN untuk melaksanakan pendidikan ABS-SBK bagi siswa siswi UPT SDN 01 Nagari Tabek Patah, tambahnya. 

Tofik Hidayat, salah seorang Guru pengajar juga menyampaikan hal yang sama. Kami guru-guru sangat terbantu dengan adanya KAN dan Bundo Kanduang masuk Sekolah dalam mendidik anak-anak, banyak nilai-nilai moral yang diajarkan terhadap anak, tentunya sangat berarti bagi pihak Sekolah.

Terimakasih kepada Niniak Mamak Bundo Kanduang, terutama sekali terimakasih kepada Bupati Tanah Datar dengan adanya program KAN masuk Sekolah, kami sangat terbantu, kalau bisa kegiatan seperti kedepannya ini bisa berlansung hendaknya. 

"Harapannya kalau ada bantuan-bantuan untuk Sekolah mohon juga diperhatikan Sekolah kami, 
kondisi Sekolah SDN 01 sekarang perlu perbaikan seperti Loteng Pintu banyak  rapuh dimakan Rayap, kalau bisa di perbarui karena Sekolah SDN 01 Tabek Patah ini salah satu peninggalan jaman Belanda," Harapnya. (007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top