Padang-Profesi Satuan Pengamanan (Satpam) telah berusia 42 tahun 2022 dilaksanakan di Lapangan Mapolda Sumbar. Sebuah perjalanan panjang profesi Satpam di Indonesia. Tahun ini, tema dalam HUT Satpam adalah ‘Sinergisitas Satpam dan Polri Peduli untuk Sesama’.

Pemilihan tema tersebut bukan tanpa sebab, melihat situasi dan kondisi saat ini yang banyak bencana musibah di beberapa daerah, maka fokus tema dalam HUT Satpam ke-42 adalah soal kepedulian antarsesama.

Sebelum menyampaikan amanat Kapolri, Irjen Pol Suharyono Kapolda Sumatera Barat menyampaikan ucapan selamat HUT satpam ke 42. “Saya mewakili seluruh personel Polda Sumbar mengucapkan selamat HUT satpam ke 42, semoga sinergitas satpam dan Polri untuk peduli terhadap sesama baik dalam menjaga kamtibmas, penanganan COVID-19, baik pada percepatan ekonomi nasional senantiasa dapat terwujud dengan baik, semoga satpam kedepannya jaya selalu,” ujarnya.

Upacara ini merupakan puncak dari peringatan HUT satpam ke 42. Diharapkan kedepannya satpam semakin professional dalam mengemban fungsi tugas Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam memelihara kamtibmas secara swakarsa.

Menurut Kapolda, terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu persyaratan dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. “Polri menyadari bahwa dalam memelihara kamtibmas tidak bisa dilakukan sendiri, karena keterbatasan sumber daya Polri. Untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mempu pmemperkuat system keamanan melalui pengamanan swakarsa,” ujarnya membacakan amanat dari Kapolri.

Jendral bintang dua itu mengungkapkan, gagasan untuk membentuk suatu pengamanan swakarsa berupa satuan pengamanan (satpam) dicetuskan tahun 1980 oleh Jenderal Polisi (Purn) Prof. Awaloedin Djamin, M.P.A. Pembentukan satpam ini juga didasari pada penelitian dan studi banding tentang “Security Guards” di berbagai negara serta keberhasilan penjaga keamanan partikelir (swasta).

Kehadiran satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 tahun 2002 tentang Polri yang berbunyi “pengemban fungsi Kepolisian adalah Kepolisian negara Republik Indonesia yang dibantu oelh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa”.

Sebagai bentuk pemuliaan profesi satpam, Polri telah mengeluarkan Perpol No. 1 tahun 2023 tentang perupbahan Perpol No. 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi satpam.

Kapolda menambahkan, kehadiran satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Dalam perkembangannya, satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, rekan-rekan satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan seperti pada penanganan pandemi COVID-19.

“Dalam rangka mendukung tugas Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif, Satpam dituntut untuk semakin professional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing-masing,” imbuhnya.

“Tetap pegang teguh terhadap nilai, norma dan etika yang baik dalam setiap pelaksanaan tugas. Junjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas satpam dimanapun berada, karena kehadiran satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri di lapangan,” tegas Kapolda Sumbar. 

Sementara itu Ketua umum BPD Abujapi Sumbar Tafyani Kasim dalam wawancara nya mengatakan, hari ini merupakan puncak ulang tahun Satpam ke -42 tahun 2022 yang mana dalam rangka memuliakan profesi Satpam. 

Masih kata dia, dahulu Satpam di dirikan oleh Prof. Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam Indonesia pada 42 tahun yang lalu, jelasnya. 

"Satpam saat ini tidak lagi menjadi penjaga di sebuah perusahaan atau instansi namun sudah menjadi pelayanan utama di sebuah perusahaan atau instansi di lingkungan kerjanya", ungkapnya. 

Berbagai rangkayan acara dalam memyambut HUT Satpam Ke-42  seperti Tabur Bunga di Makam Pahlawan, Gerak Jalan, Anjangsna ke Panti Asuhan, Pembersihan Pantai Padang dan hari ini juga ada Donor Darah, jelasnya. 

Dirinya berharap kedepan Satpam semakin bisa bersinergi dengan Polri yang merupakan instansi pembina dan Satpam tetap eksis dan profesional di bidangnya dalam menjaga keamanan serta kenyamanan khususnya di lingjungan kerja, ujarnya.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan tasyakuran HUT Satpam dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumbar.  (SRP) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top