Padang- Kakanwil H Helmi  mengapresiasi dukungan dan sinergitas Pemprov Sumbar selama ini. Semua prestasi dan inovasi Kanwil Kemenag Sumbar, Menurutnya kerja keras dan peran aktif ASN Kemenag Sumbar yang diperkuat dengan total 8348 pegawai dan tenaga honorer lebih kurang 9 ribu orang.

Pernyataan ini dikemukakan Helmi dihadapan Wagub Audy Joinaldy dan ratusan ASN saat memberi sambutan pada Tasyakuran HAB Kemenag ke-77 di lingkungan Kemenag Sumbar, Kamis (12/01/23).

“Mari bersama-sama kita membangun SDM, melakukan dan menggerakkan pembangunan agama di Sumbar ini,” pintanya melanjutkan orasi pada acara yang dihadiri pimpinan DPRD Sumbar dan Rektor UNP tersebut.

Helmi menilai semua prestasi dan capaian yang telah diraih Kanwil Kemenag Sumbar tidak terlepas dari arahan dan binaan Gubernur Sumbar. Sehingga bisa membangun sinergitas menyukseskan kegiatan yang berdampak untuk daerah maupun nasional.

“Sukses menyelenggarakan MTQ Korpri Nasional di Sumbar, Sukses pula mendulang prestasi di even nasional,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumbar selain mengajak seluruh ASN untuk tetap bersyukur, Helmi juga mengungkapkan harapan harapan besarnya untuk Tahun 2023.

Salah satu bahasan besarnya adalah terkait Embarkasi Haji Padang. Dikatakan Helmi selama ini, disamping jemaah haji dari Sumbar yang mencapai 4500 jemaah, jemaah haji dari Bengkulu dan Provinsi Jambi juga diberangkatkan dari Embarkasi Padang.

Faktanya, belakangan ini seluruh jemaah Jambi berangkatnya tidak melalui embarkasi Padang lagi, melainkan embarkasi Batam. Untuk Bengkulu masih ada yang berangkat dari Embarkasi Padang, hanya saja untuk sekadar transit di Bandara Minangkabau.

“Harapannya tentu, kedepan kita bisa kembalikan mekansime seperti sebelumnya. Karena pasti akan mendatangkan manfaat dan barokahnya bagi Sumbar, untuk itu fasilitas dan pelayanan Embarkasi kita perlu ditingkatkan kedepan,” jelas Helmi.

Pihaknya menyebut, saat ini upaya untuk mengoptimalkan asrama haji terus dilakukan. Baik itu melalui menggiatkan kegiatan bermanfaat di asrama haji Sumbar yang berada di Padang Pariaman atau pun asrama haji Tabung Padang.

Untuk Asrama Haji yang di Padang Pariaman, pihaknya mengaku tengah berikhtiar melakukan fungsionalisasi.

 “Salah satunya dalam waktu dekat, kita akan melaksanakan gerak jalan kerukunan HAB Kemenag di Asrama Haji Batang Anai Padang Pariaman, agar bisa dioptimalkan kedepan.” Imbuhnya.

Terkait itu, Helmi meminta dukungan Pemprov Sumbar untuk memprioritaskan hal itu.

“Perlu jalan khusus sebagaimana yang kita rencanakan. Terutama untuk jalan langsung dari Bandara Asrama Haji Sumbar di Batang Anai langsung ke Bandara. Ini membutuhkan 2,5 kilo jalan ditambah dengan satu buah jembatan,” katanya.

Besar harapan, lanjutnya sekalipun Kemenag adalah instansi vertikal, namun ia meyakini jika kolaborasi bersama Pemprov diperkuat, akan bisa terlaksana sesuai target.

“Walau pun Kemenag Instansi vertikal, kita sama sama mengabdi untuk Sumbar.” Katanya pada acara yang turut dihadiri para tokoh masyarakat, ulama dan para pensiunan Kemenag ini 

Selain itu, Kakanwil juga menyinggung perihal perlunya melakukan MoU terkait kesehatan.”Bagaimana kedepannya kegiatan kesehatan, seperti donor darah misalnya bisa dilaksanakan di Kanwil Kemenag Sumbar.” Harapnya.(vera)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top