Payakumbuh, SUMATERALINE - Pj. Wali Kota Payakumbuh membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Payakumbuh tahun 2024 di Aula Bappeda, Kamis (02/02/2023).

Pj. Wako Rida Ananda mengatakan, Penyusunan RKPD tahun 2024 bertujuan sebagai acuan seluruh Perangkat Daerah Kota Payakumbuh dalam menyusun rencana kerja tahun 2024.

"Ini untuk memberikan informasi dan arahan bagi seluruh pemangku kepentingan terkait arah kebijakan, strategi dan langkah-langkah dalam pencapaian pembangunan," kata Pj. Wako Rida Ananda.

"Dan kita menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan pembangunan merupakan tanggung jawab bersama antara unsur pemerintahan, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat," tambahnya.

Rida menyebut, Periode RPJMD Kota Payakumbuh Tahun 2017-2022, telah berakhir di tahun 2022. Selanjutnya dilaksanakan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Payakumbuh Tahun 2023 – 2026 sebagai periode transisi sebelum pelaksanaan pemilu serentak di tahun 2024 nanti.

"Dalam masa transisi ini kita tetap meningkatkan kinerja pemerintahan Pemerintah Kota melalui 5 (lima) prioritas dalam RPD Kota Payakumbuh Tahun 2023-2026," ucapnya.

Adapun lima priorotas itu adalah:

Pertama, Peningkatan Sumber Daya Manusia yang berakhlak mulia, sehat, berkualitas dan berdaya saing.

Ke dua, Peningkatan perekonomian yang berkualitas, unggul, berdaya saing berbasis produk unggulan dan inovasi.

Ke tiga, Peningkatan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan.

Ke empat, Peningkatan kualitas tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih, akuntabel serta berkualitas.

Ke lima, Peningkatan Pengamalan Ajaran Agama dan Budaya.

Disamping melaksanakan RPD, Pemerintah Kota Payakumbuh juga ikut mensukseskan 4 (empat) program unggulan dalam RPJMD provinsi tahun 2021-2026 yaitu : Sumbar Sehat dan Cerdas; Sumbar Religius dan Berbudaya; Sumbar Sejahtera dan Sumbar Berkeadilan.

Untuk tingkat nasional, ikut mensukseskan 6 prioritas dalam RPJMN Keenam prioritas tersebut adalah; reformasi birokrasi dan tata kelola, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, ketahanan pangan, infrastruktur, serta lingkungan hidup dan pengelolaan bencana.

"Kita juga berharap kedepan terus dilakukan peningkatan integritas, sinkronisasi, dan sinergisitas pembangunan di Kota Payakumbuh melalui sistem perencanaan, pengganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan pembangunan yang mampu berkolaborasi secara transparan dan akuntabel," harapnya.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah optimalisasi partisipasi masyarakat, dunia usaha serta termanfaatkannya sumber daya yang ada secara efesien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

"Dalam menghadapi persaingan global perlu kesiapan Kota Payakumbuh untuk menghadirkan birokrasi bertaraf dunia di tahun 2024," katanya.

"Dalam rangka mewujudkan ASN 4.0, harus dilakukan restrukturisasi untuk mencapai sistem pemerintahan berbasis elektronik yang paperless dan wireless," tukuknya.

Dipenghujung kegiatan, Pj. Wako Rida mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh peserta Forum Konsultasi Publik RKPD 2024 yang telah memberikan saran dan masukan.

"Hal ini merupakan salah satu cerminan dari rasa kebersamaan dan partisipasi kita dalam merumuskan perencanaan pembangunan untuk kemajuan Kota Payakumbuh di masa depan," pungkasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Instansi Vertikal, BUMN, BUMS, Pimpinan Universitas, Asisten III Ifon Satria, Kepala OPD se Kota Payakumbuh, Ketua LKAAM, Ormas, LSM, Tokoh Masyarakat serta undangan yang hadir secara luring maupun daring. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top