Arosuka-Bupati Solok Epyardi Asda menghadiri Alek Mambadak Mesjid Tauhid di Jorong Taratak Baru Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Acara ini sendiri merupakan upacara adat yang menjadi tradisi di Nagari Salimpek, yang perwujudannya adalah kegiatan membersihkan dan membangun kembali sebuah masjid, yaitu Masjid Tauhid yang terletak di Jorong Taratak Baru.

Turut mendampingi Bupati Epyardi Asda saat itu, Asisten II Deni Prihatni, Kepala Dinas Kominfo,Teta Midra, dan Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri. Turut hadir pula Camat Lembah Gumanti Zulbakti, perwakilan Forkopimcam, tokoh masyarakat Kabupaten Solok yang juga seorang mantan pamong senior di Sumatera Barat, Asrul Syukur, Walinagari Salimpek Zulfikar, walinagari se-Kecamatan Lembah Gumanti , tokoh-tokoh agama, dan tokoh adat Nagari Salimpek. Nyaris seluruh lapisan terlihat hadir dikarenakan begitu pentingnya acara adat ini, bahkan masyarakat Jorong taratak Tingga turut terlihat.

Prosesi upacara adat tersebut diawali dengan resepsi Pambaliak Baban dari empat suku yang ada di Nagari Salimpek. Keempat suku itu adalah Suku Melayu, Suku Chaniago, Suku Panai, dan Suku Tanjuang. Walinagari Salimpek Zulfikar menyampaikan terima kasih dari seluruh masyarakat Nagari Salimpek, khususnya, dan masyarakat Lembah Gumanti pada umumnya, atas kehadiran Bupati Solok Epyardi Asda beserta rombongan. Dia juga berterima kasih karena semua usulan yang disampaikan Kepada Bupati telah diakomodir, sehingga, katanya, pembangunan di nagari Salimpek sudah banyak yang dirasakan oleh masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Bupati Solok bersama pemerintah daerah yang telah mengakomodir setiap usulan yang kita berikan pada Musrenbang sehingga dapat terealisasi secara keseluruhan,” ujar Zulfikar.

Zulfikar juga berharap, pemerintah daerah di bawah Pimpinan Bupati Epyardi Asda kembali merealisasikan semua usulan yang di sampaikan pada waktu Musrenbang, baik Musrenbang Nagari, Musrenbang Kecamatan, maupun Musrenbang Kabupaten. Pihaknya berharap agar terus lebih banyak lagi pembangunan bisa dilaksanakan di Nagari Salimpek.

Sementara, Bupati Epyardi Asda menyampaikan keinginannya kerjasama dan gotong royong selalu terpelihara di Nagari Salimpek, sehingga semua bentuk pembangunan yang dilaksanakan dapat mengembalikan kejayaan Nagari Salimpek.

“Hari ini kita melaksanakan acara Mambadak Masjid, hal ini berarti kita memoles dan mempercantik Masjid agar jadi lebih baik dan lebih indah, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi kita yang ada di dalamnya,” kata Epyardi.

Bupati juga menyampaikan kepada masyarakan bahwa dirinya komit dengan prinsip Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat dalam melakukan pembangunan.

“Hari ini saya juga hadir disini, karena saya memiliki prinsip Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat. Dan bagaimana bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh rakyat tentu saya harus hadir langsung di tengah-tengah masyarakat. Saya turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang telah memberikan usulan-usulan yang dibutuhkan untuk pembangunan di Nagari Salimpek, terkhususnya Jorong Taratak Baru,” sebut Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berdialog dengan masyarakat Nagari Salimpek. Dia meminta kepada masyarakat, agar menyampaikan lagsung kepadanya apa sesungguhnya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Nagari Salimpek. Bupati juga memerintahkan kepala dinas terkait untuk mencatat setiap usulan dari masyarakat, antara lain berupa usulan perbvaikan jembatan menuju SMPN 4 Lembah Gumanti dan bantuan untuk pembangunan masjid. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top