Payakumbuh, SUMATERALINE — Untuk mencari potensi dari para peserta didik di tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan PTM se-kota Payakumbuh, dinas pendidikan kota Payakumbuh helat kejuaraan tenis meja yang berlangsung dari tanggal 11 sampai 12 Februari 2023.

Dipusatkan di gor Nan Ompek, kelurahan Tanjung Pauh, kecamatan Payakumbuh Barat, perlombaan tenis meja antar peserta didik itu berlangsung memperebutkan tropi kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh.

Disela perlombaan sedang berlangsung, terlihat Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda sedang bertanding dengan salah satu peserta, yakni Akbar yang merupakan atlet tenis meja kota Payakumbuh yang telah mengikuti kejuaraan nasional sebelumnya.

“Alhamdulilah, pemerintah kota akan mendukung penuh untuk kejuaraan-kejuaraan seperti ini. Dan barusan saya kalah tanding dengan anak SD, ini menandakan bibit bakat potensi atlet di kota Payakumbuh sangat baik, dan ini harus kita gali terus dan cari lebih banyak lagi anak-anak yang berbakat seperti Ananda Akbar ini,” ungkap Rida setelah menyelesaikan satu set pertandingan bersama Akbar.

Menyambut baik atas apa yang disampaikan oleh orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu, kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh Dasril mengatakan kegiatan-kegiatan iven dan perlombaan dilaksanakan oleh dinas pendidikan guna memetakan potensi calon atlet berbakat dari kota Payakumbuh, dan bagi para calon atlet ini nantinya akan difasilitasi dengan memberikan pelatihan khusus yang langsung dibimbing oleh pelatih dari tingkat nasional,” ungkap Dasril kepada media, Minggu (12/2/2023).

Kepala dinas yang satu-satunya bergelar doktor di pemerintahan kota Payakumbuh itu mengungkapkan jika nantinya kota Payakumbuh akan menggelar kejuaraan nasional (kerjunas) tenis meja yang akan difasilitasi oleh pembina tenis meja Provinsi Sumatra Barat melalui Irsyad Syafar.

“(Kejurnas) akan berlangsung tahun ini. Sebagai tuan rumah tentunya kita juga ingin membawa atlet kita meraih kesuksesan sebagaimana nantinya kota sukses melaksanakan iven berskala nasional ini di kota Payakumbuh yang kita cintai ini,” beber Dasril.

“Peserta cukup banyak, dihari kedua ini terdapat 97 anak peserta didik akan bertanding, dan 95 persen sekolah ikut serta ambil posisi dalam kejuaraan ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkup dinas pendidikan kota Payakumbuh itu menghimbau agar sekolah-sekolah agar dapat mengaktifkan kembali fasilitas sarana dan prasarana olahraga pasca pandemi berlangsung

“Serta untuk para klub-klub dan individu perorangan di sekolah agar dapat memulai kembali aktivitas latihan seperti sediakala, sehingga kemampuannya selalu terasah agar kelak bisa menjadi atlet yang hebat yang membawa harum nama kota Payakumbuh di tingkat nasional bahan tidak menutup kemungkinan di tingkat internasional,” harap Dasril dengan semangat.

Terkait dengan kejuraan untuk mencari potensi bakat peserta didik di kota Payakumbuh, Dasril katakan jika dinas pendidikan akan mengagendakan kejuaraan-kejuaraan seperti ini akan masuk dalam iven kalender tahunan dinas pendidikan kota Payakumbuh.

Terlihat hadir dalam kesempatan tersebut, wakil ketua DPRD Provinsi Sumatra Barat Irsyad Syafar (pembina tenis meja Provinsi Sumatra Barat), ketua tenis meja kota Payakumbuh Tafril (Kabid pendidikan), dan Kabid Humas Diskominfo Rudi Arnel. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top