Lima Puluh Kota, SUMATERALINE -- Guna mendongkrak prestasi Limapuluh Kota di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 di Solok Selatan, Pemkab Limapuluh Kota terus berbenah. Sembilan bulan menjelang gelaran dua tahunan tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan Pemkab Limapuluh Kota bersama Kemenag Limapuluh Kota, dimulai dari pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten hingga melaksanakan seleksi sekaligus pelatihan bagi kafilah lebih awal dibandingkan gelaran MTQ sebelumnya. Sebagai bentuk dukungan dan motivasi bagi para Kafilah,  Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo didampingi Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan, Kepala Baznas Yulius, Kepala Bagian Kesra Usman, dan Camat Payakumbuh Jonianto turut hadir pada pembukaan pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu, (18/02/2023) di Rumah Al-Qur'an Azra'iyyah, Tabek Panjang, Nagari Simalanggang. 

"Mengingat Limapuluh Kota berada pada peringkat ke-17 pada MTQ tingkat Sumbar tahun 2021 lalu, sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam meningkatkan prestasi pada ajang MTQ tahun ini, kami telah melakukan evaluasi dan tentunya jadi pekerjaan rumah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Limapuluh Kota dan pemangku kepentingan lainnya," ungkap Bupati Safaruddin. 

Bupati Safaruddin menyebut peningkatan prestasi kontingen Limapuluh Kota pada ajang MTQ tahun ini merupakan suatu keharusan sebagai bukti bahwa Pemerintah Daerah sangat konsisten dan berkomitmen dalam mendukung program pendidikan keagamaan di Kabupaten Limapuluh Kota. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin mengatakan, setelah sukses menggelar MTQ tingkat Kabupaten Limapuluh Kota akhir tahun lalu, banyak bibit potensial bermunculan dan ditambah lagi, para kafilah yang membela daerah lain bersedia 'pulang kampung' untuk berkontribusi meningkatkan prestasi, hal ini tentu menjadi angin segar bagi kontingen Limapuluh Kota. "Kami berterima kasih kepada kafilah yang bersedia mengikuti pelatihan dan kami berpesan kepada seluruh peserta agar serius dan meneguhkan semangat dalam mengikuti semua pelatihan, memperhatikan petunjuk, bimbingan dan arahan dari pelatih, sehingga dapat mempraktekkannya di arena MTQ nanti," pungkas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Limapuluh Kota, Usman, mengatakan latihan sekaligus seleksi calon Kafilah MTQ Kabupaten Limapuluh Kota untuk MTQN XL tingkat Sumatera Barat ini diikuti oleh kafilah yang meraih juara 1 hingga 3 masing-masing cabang pada ajang MTQ Kabupaten Limapuluh 2022 dan turut diikuti oleh para kafilah yang telah mewakili Kabupaten Limapuluh Kota pada ajang MTQ sebelumnya. "Pelatihan akan dilakukan hingga bulan November nanti, dengan skema pelatihan akan dilakukan rutin setiap bulannya. Kita berharap melalui seleksi ini akan terpilih kafilah-kafilah terbaik untuk diikutsertakan dalam lomba MTQN Tingkat Sumatera Barat nanti," jelas Usman. (MFS/Tim Kominfo)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top