Tanah Datar-sumateraline. Com (09 Februari 2023) 

Musrenbang adalah salah satu tahapan dalam proses suatu perencanaan pembangunan, dengan meng akomudir usulan dari Nagari-nagari dalam segala kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas sesuai tahapan. 
Hal itu dikatakan Anggota DPRD Tanah Datar Adri Jinil Simabura, SH. Dt Rangkayo Mulia pada musrenbang tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Rambatan Rabu (09/02). 

Adri Jinil mengatakan, 
Musrenbang tingkat Kecamatan ini adalah, meng akomodir Usulan-usulan yang telah disulkan di Nagari-nagari, seperti yang di persentasikan Camat tadi apa yang kita rencananya untuk 2024, tentang progres tahun 2023.

Oleh karena itu perlu kiranya kita bersama merembukan Kue Pembangunan ini agar dapat sama kita, karena pambangunan itu masalahnya dana, kalau ada dana selesai. Karena anggaran pendapatan Daerah kita, untuk tahun 2024 hanya satu koma tiga terliun, 6%sekian sudah digunakan untuk belanja pegawai, berarti tingal 35%.
Dari satu koma tiga persentasi tinggal lebih kurang 500milyar, yang kita gunakan untuk membangun Tanah Datar. 

"Apa yang dikatakan Camat tadi ragu saya menjawabnya, kalau di iyakan nanti dana tidak cukup, dan ini juga sudah saya sampaikan kepada Bupati bahwa Aula ini sangat perlu sekali bagi kita, sekarang kita sampaikan lagi melalui Asisten kepada Bupati sekedar mengingatkan supaya Bupati tidak lupa, "ucap Adri Jinil.

Sebelumnya Camat Rambatan Roza Melfita, S. STP menyampaikan, Prioritas pembangunan Nagari yang diusulkan dalam musrenbang Kecamatan Rambatan tahun 2023 yang pertama. 

Pertaman bidang fisik dan prasarana, jumlah program yang akan diusulkan sebanyak delapan item, dengan total dana 23 Milyar. Kedua bidang ekonomi, jumlah program prioritas yang diusulkan adalah sebanyak lima kegiatan dengan total dana 4 Milyar 45juta rupiah. Ketiga bidang sosial dan budaya jumlah program prioritas nya sebanyak 15 kegiatan dengan total dana 18 Milyar 250juta.

Isu strategis pembagunan di Kecamatan Rambatan ini yang pertama, peluasan bangunan Aula Kantor Camat Rambatan. Jadi kami mohon kepada Bupati melalui tim musrenbang, karena seperti yang kita lihat sekarang, untuk segala kegiatan yang mengundang seluruh stek Oder yang ada di Kecamatan sempit sekali. 

"Jadi kami mohon di 2024 untuk bisa direalisasikan, penambahan, perluasan Aula Kantor Camat Rambatan, sebulum kami disini, ini juga sudah menjadi prioritas kita di Kecamatan," Ujar Roza Camat. 

Turut hadir saat musrenbang selain anggota DPRD Adri Jinil, Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Satu Elizar, SH, Tim Musrenbang Kabupaten, Forkopinca, Camat Rambatan, Kaposek Rambatan, Daramil yang di wakilkan OPD terkait, Wali Nagari se-Kecamatan Rambatan, Kepala UPT se-Kecamatan Rambatan, BPRN, KAN, Niniak Mamak Bundo Kaduang, pra Musrenbang. (007-n) 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top