Tahan Datar-sumateraline.com (22 Maret 2023) 

Tradisi Balimau masyarakat Nagari Talang Tangah berbeda perlu di pertahankan karena tradisi balimau di Nagari Talang Tangah tidak seperti Daerah lain, namanya saja yang balimau tidak dengan air atau ketempat pemandian. Kalau disini balimau setelah Ninik Mamak duduk bersama masyarakat menentukan kapan Hari Puasa akan dimulai. 

Hal tersebut di katakan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang Tangah Joharlis Dt. Pangka Jindo di acara tradisi Balimau Nagari Talang Tangah yang dihadiri Bupati Eka Putra bersama Ketua DPRD Tanah Datar diwakili Wakil Ketua Anton Yondra dan anggota Nurhamdi Zahri Dt. Nan Bapayuang Ameh dan Forkopinca, Plt. Camat Sungai Tarab Sri Handayani, Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres pada Rabu (22/3) 

Ketua KAN menyampaikan, 
setelah kata sepakat dapat selanjutnya saling Maaf-maafkan dilanjutkan dengan kunjungan Niniak Mamak ke Rumah-rumah anak kemanakan bersilaturahmi karena akan memasuki Bulan Suci Ramadhan dan ini sudah menjadi warisan dari orang Tua-tua terdahulu.

"Harapannya, mengenai Medan Satangkai ini perlu di atap atau semacamnya kalau ada rapat pertemuan bisa dilaksanakan disini, sekarang kan tidak ada atapnya, kalau bisa kita mohon kepada Bupati dan dua anggota DPRD yang hadir hari ini membantu bagaiana caranya," ujarnya. 

Senada dengan Ketua KAN Panitia pelaksana tradisi Balimau Nagari Talang Tangah juga menyampaikan harapan kepada Bupati dan anggota Dewan yang hadir, mohon dibantu untuk pembangunan Medan Satangkai ini, karena kalau ada kegiatan pertemuan bisa dilaksanakan disini. 

"Sekarang tempat ini juga di pergunakan untuk tempat olah raga anak-anak muda kita, kalau saya lihat di Talang Tangah ini Pemudanya kompak sekali, apapun kegiatan tampa komando mereka lansung turun semua, ini perlu apresiasi anak muda kita," Kata Panitia. 

Tempat ini juga termasuk dalam cagar budaya, sudah didaftarkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Karena salah namanya kata BPCB Medan Nan Bapaneh tapi kata sejarah ini "Medan Satangkai" Tempat Bermusyawarah Ninik Mamak Pamangku adat di Nagari, "tuturnya. 

Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres mengatakan intinya acara balimau ini adalah duduk bersama para niniak mamak dan masyarakat untuk memutuskan datangnya bulan Ramadhan. 

"Tadi sudah disepakati secara bersama-sama bahwa besok seluruh masyarakat akan memulai berpuasa. Atas nama Pemerintah Nagari Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan terima kasih khususnya kepada pemuda yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini," sampainya. 

Sementara, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan bahwa tradisi balimau di nagari Talang Tangah selaras dengan program unggulan Pemerintah yakni Satu Nagari Satu Event. 

"Kegiatan ini perlu kita angkat di dalam program Satu Nagari Satu Event, supaya masyarakat luas tahu apa itu tradisi balimau di nagari ini. Mari terus kita jaga dan lestarikan kegiatan ini, semoga dengan kegiatan ini tali silaturahmi diantara kita terus terjaga," ujar Bupati Eka. 

Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan, Saya atas nama Pemerintah Daerah, pribadi dan juga keluarga menyampaikan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir di batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini, mari kita isi Ramadhan tahun ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, tutup Eka Putra.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top