Padang- Kemacetan arus lalu lintas jalur Padang- Bukittinggi dan sebaliknya, pada masa lebaran selalu menjadi kendala bagi para pengemudi dan pengguna jalan di Sumbar.

Kebutuhan jalan tol akan sangat dirasakan pada saat itu, Sumbar yang sangat lambat dalam pembangunan tol sangat disayangkan oleh pengguna jalan terutama bagi perantau yang mudik lebaran.

Untuk mengatasi kemacetan pada lebaran tahun ini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar dan jajaran akan menerapkan sistem satu arah (one way) bagi kendaraan yang akan menuju Bukittinggi dari arah Padang dan sebaliknya, pada H-3 hingga H+3 Idul Fitri.

Pemberlakuan sistem one way atau jalan satu arah ini akan dimulai dari Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman sampai ke Padang Luar, Kabupaten Agam.

Direktur Lantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya, mengatakan Ditlantas Polda Sumbar akan melakukan ujicoba sistem satu jalur atau one way arus Padang menuju Bukittinggi siang ini, Sabtu (8/4/2023).

Dalam uji coba, pengendara dari arah Padang ke Bukittinggi bakal melewati jalur biasa, Sementara pengendara yang datang dari arah Bukitinggi menuju Padang, akan diarahkan melalui kawasan Malalak.

Penerapan uji coba jalan satu arah ini akan diberlakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Hilman menjelaskan One Way merupakan suatu sistem yang diberlakukan untuk merekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur dua arah menjadi jalur satu arah.

Sistem ini dibuat agar kapasitas jalan meningkat sehingga dapat mengurangi kemacetan. “Kami berharap dengan diberlakukannya jalan satu arah ini, dapat melancarkan arus mudik saat lebaran nantinya,” pungkasnya.

Info ini semoga menjadi solusi buat para perantau yang akan mudik lebaran ke Ranah Minang. Diharapkan berita ini kita sebarkan bagi sanak saudara kita di rantau yang akan pulang ke kampung halaman.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top