Padang-- Kedatangan para pemudik ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diklaim lebih banyak ketimbang kepergian dari Sumbar pada arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satuan Tugas Khusus (Kasatgassus) Hubungan Masyarakat (Humas) Operasi Ketupat Singgalang 2023 yang juga Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik.

Dirinya mengatakan, puncak kedatangan pemudik, terjadi pada hari Rabu dan Kamis (19-20/4/2023).

"Hari ini dan besok, itu puncak mudiknya. Karena hari ini mulai libur. Tercatat juga, untuk penerbangan sudah mulai meningkat," ucapnya usai meninjau Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2023 Masjid Al Hakim Padang, Rabu (19/4).

Kombes Pol Dwi menerangkan, dalam satu hari, jumlah orang yang datang ke Sumbar lebih banyak ketimbang keluar.

"Rata-ratanya satu hari itu sampai hampir empat ribu orang yang datang, kalau yang berangkat dari Padang (hanya) dua ribu," ujarnya 

Lanjut Kabid Humas, saat ini pihaknya belum menerima atau menemui kendala yang berarti di lapangan pada musim arus mudik yang dimulai pada 15 April 2023.

"Kendala di lapangan belum ada, karena situasinya masih landai, yang jelas dari sekitar kurang lebih 90 pos yang tersebar di Sumbar sampai saat ini belum ada kendala," ungkapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi agar berhati-hati dan memperhatikan keselamatan dalam berkendara, serta memanfaatkan Pos yang ada di wilayah Polda Sumbar. 

"Jika sedang letih atau mengantuk silahkan beristirahat, bisa juga beristirahat di Pos Pengamanan atau Pelayanan. Semoga mudiknya lancar," pungkasnya.(*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top