Tanah Datar-sumateraline. Com (21 Mei 2023) 

Aur Serumpun Geopark Festival  dibuka secara dalam rangka menyukseskan Program Unggulan (Progul) pemerintah daerah, Program satu Nagari satu Event untuk ke dua kalinya di selenggarakan di Aur Serumpun Geopark Nagari III Koto Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar pada Minggu (21/5) dibuka secara resmi oleh Bupati Eka Putra turut dihadiri Gubernur Sumbar diwakil Kabid Pariwisata. 
Pada kesempatan itu Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang diwakili Kabid Pemasaran Asril, M.Pd menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang giat dalam memajukan sektor pariwisatanya. 

"Kami menyampaikan apresiasi karena Pemerintah Kabupaten Tanah Datar satu-satu Kabupaten atau kota yang meluncurkan kalender wisatanya di luar daerah tepatnya Pekanbaru,"tuturnya 

Hal itu dirasa sudah tepat karena berdasarkan survei, wisatawan lokal yang banyak berkunjung ke Sumbar adalah dari Riau (Pekanbaru) dan dari luar negeri dari Malaysia. 

"Tanah Datar merupakan salah satu daerah dari 19 kabupaten/kota di Sumbar yang tidak pernah absen dalam Kharisma Event Kemenparekraf RI, dan ternyata telah memanfaatkan potensi tersebut dengan baik, semoga target kunjungan ke Tanah Datar dapat tercapai dan juga akan mendukung target dari Provinsi Sumbar," ungkapnya. 

Sebelumnya Wali Nagari III Koto Willy Adha, disambutan  menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati bersama rombongan untuk membuka Aua Sarumpun Geopark Festival 2023 yang sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Bupati atas kesediaannya membuka event ini, tentunya kehadiran Bapak menjadi penyemangat dan motivasi tersendiri bagi kami masyarakat Nagari III Koto,” ujarnya.

Willy juga katakan, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, ia berharap kepada Bupati untuk menganggarkan perbaikan jalan ke lokasi Aur Serumpun. "Alhamdulillah, pak Bupati sudah menganggarkan untuk tahun ini, tentu ke depan kami juga berharap jalan ke lokasi ini tuntas diperbaiki dan diaspal sehingga pengunjung dan wisatawan akan nyaman," sampainya. 

Disambutan itu Bupati Eka Putra, SE. MM menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana dan masyarakat yang telah berkontribusi agar terselenggaranya Aur Serumpun geopark Festival dalam menyukseskan satu Nagari satu Event. 

Puncak Aua Serumpun telah ditetapkan Kementerian ESDM RI sebagai salah satu Geositenya Geopark Danau Singakarak, dan bahkan dari beberapa kunjungan dari pejabat dari Pemerintah Pusat ada yang menyebut lokasi ini seperti Swiss ketika musim panas. 

"Potensi ini yang harus kita manfaatkan dan dipromosikan, salah satunya melalui event hari ini. Pemerintah Daerahpun telah melakukan promosi dengan memasang banner-banner wisata di lokasi-lokasi strategis seperti bandara dan di kereta api,” ungkap Eka.

Seperti yang disampaikan di event lainnya, Program Satu Nagari Satu Event bertujuan untuk melestarikan dan memunculkan kembali adat istiadat, budaya ataupun kuliner tempo dulu yang sudah jarang ditemui, dimana mamak Bundo Kanduang agar mens tranfer ilmu mengajarkan adat istiadat kepada generasi muda, bundo kanduang mewariskan keahliannya kepada Putrinya. 

Untuk infrastruktur penunjang seperti jalan menuju ke Aua Sarumpun, Bupati Eka Putra akan berusaha menuntaskannya sampai di tahun 2024. "Tahun 2023 ini, kita telah anggarkan Rp300 juta untuk pembangunan jalan. Tentunya ke depan bersama Ketua DPRD dan anggota DPRD Tanah Datar lainnya kita berharap di 2024 nanti jalan ke lokasi ini akan mulus, mohon dukungan kita semua,"  tukasnya.

Turut dihadiri Gubernur Sumbar diwakil Kabid Pariwisata Asril, Ketua DPRD Tanah Datar Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, para Asisten, Kepala OPD, ketua LKAAM Tanah Datat, Camat dan Wali Nagari serta undangan lainnya. (**) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top