Padang- Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sumbar (Polda Sumbar) berikan penghargaan oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi atas kinerja dan dedikasinya dalam menjaga kelancaran arus transportasi selama masa libur lebaran 2023.

Hal itu disampaikan gubernur saat acara penyerahan piagam penghargaan di Padang, Senin, (15/5/2023)

"Selama masa libur lebaran 2023 kondisi arus lalu lintas di Sumbar berjalan aman dan lancar, kita sangat berterima kasih karena Kapolda dan jajaran yang telah menjalankan tugasnya dengan maksimal," pungkasnya.

Dirinya mengatakan, penerapan sistem one way atau jalur satu arah untuk mengatasi kemacetan pada jalur Padang-Bukittinggi dan sebaliknya selama masa libur lebaran 2023 sangat membantu masyarakat.

"Luar biasa, kita berhasil mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Sumbar selama masa liburan lebaran tahun 2023. Semua itu berkat koordinasi yang baik antara pihak keamanan dan pemerintah daerah," ucapnya 

Dirinya menyebut sistem "one way" yang dilaksanakan selama tujuh hari saat libur lebaran memberikan dampak besar dalam menurunkan tingkat kemacetan lalu lintas disepanjang jalur Padang-Bukittinggi.

Pada lebaran sebelumnya, waktu tempuh jalur itu menjadi 5-6 jam, tahun ini berhasil dipersingkat menjadi 2,5 jam.

Mahyeldi mengatakan keberhasilan tersebut memang bukan hanya karena peran dari pemerintah daerah dan jajaran Polda Sumbar semata tapi juga karena peran aktif dari masyarakat Sumbar yang telah bersedia untuk mematuhi aturan dan mengikuti kebijakan rekayasa lalu lintas.

"Dukungan masyarakat juga menjadi kunci dalam suksesnya pengendalian arus lalu lintas selama masa libur lebaran kemaren," jelasnya.

Adapun rincian daftar nama yang mendapat penghargaan pada kesempatan tersebut antara lain :

Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, S.I.K, SH menyampaikan penerapan kebijakan sistem one way terhadap arus lalu lintas pada masa libur lebaran 1444 H di Sumbar merupakan sebuah terobosan baru dari Polda Sumbar yang lahir atas dasar kepedulian terhadap kenyamanan masyarakat dalam berkendara.

"Sistim one way pada jalur Padang-Bukittinggi adalah terobosan baru dari kami, itu lahir karena rasa kecintaan kami kepada masyarakat Sumbar. Alhamdulillah hasilnya berbuah manis dan masyarakat juga terbantu," paparnya.

Dirinya menyadari, capaian keberhasilan jajarannya dalam mengurai kemacetan selama libur lebaran kemaren tidak terlepas dari peran aktif seluruh unsur Forkopimda baik di tingkat provinsi mahpun kabupaten/kota.

Kapolda Sumbar juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pemprov Sumbar yang telah berperan aktif mendukung pelaksanaan tugas jajaran Polda Sumbar, terutama selama masa arus mudik dan balik kemaren lebaran kemaren, tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top