Limapuluh Kota, SUMATERALINE — Santri Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota kembali menorehkan prestasi. Dua orang santri berbakatnya berhasil meraih juara dalam Ajang Pemilihan Duta Genre dan Apresiasi PIK-Remaja Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota, Sabtu (20/05/2023).

Santri itu adalah Tasya Julia, kelas XI ITT, berhasil meraih Runner Up Duta Genre dan Apresiasi PIK-Remaja Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2023. Dengan mengusung tema "Ekspresikan Diri, Lakukan Aksi." Kegiatan ini dihelat di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, sebagai program Pemerintah Daerah melalui Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Berikutnya Ahmad Raihan Al Farabi, santri kelas XI ITT, berhasil keluar sebagai Duta Berbakat. Dengan dihadiri pimpinan pondok pesantren dan sejumlah ustaz dan ustazah, serta rekan sesama mondok mereka, dua santri ini mendapatkan apresiasi dari mereka yang hadir. Pimpinan Ponpes Al-Kautsar, Ust. Dafri Harweli, mengucap syukur dan berterima kasih atas perjuangan santrinya yang telah membawa nama baik pondok pesantren dan citra lembaga pendidikan yang dipimpinnya.

Dafri menyatakan, inilah salah satu makna dari slogan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar, yaitu "Bersama Al Kautsar, Menguasai Dunia, Meraih Surga". Pondok Pesantren Al Kautsar, adalah lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren, yang bukan hanya berkonsentrasi pada ilmu agama, namun juga mengajarkan pelajaran umum kepada santri-santrinya.

"Selain menggaungkan slogan Bersama Al Kautsar, Menguasai Dunia, Meraih Surga, Pondok Pesantren Al Kautsar juga menjunjung moto SMART, yaitu, Saleh, Mandiri, Amanah, Rajin, dan Terampil. Tujuan kita bagi santri-santri adalah menjadikan mereka insan yang Smart. Hal ini bisa didapat dengan padanan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. Kita terus menyeimbangkan kedua hal ini," jelas Dafri.

Untuk pemilihan Duta Gendre dan Apresiasi PIK-Remaja tahun ini, PPM Al Kautsar mengutus empat orang santri untuk berkompetisi. Ini adalah kali pertama santri Al Kautsar mengikuti ajang ini. Ke empat santri tersebut berhasil masuk ke Babak Grand Final . Mereka adalah Ahmad Raihan Al Farabi, Abdul Rahman, Angga Irawan, dan Tasya Julia. Keempatnya adalah santri kelas XI ITT.

Persiapan yang begitu banyak sudah dilewati oleh ke empat finalis, semenjak Bulan Januari hingga Bulan Mei 2023. Dukungan dan motivasi terus mengalir dari keluarga besar Pondok Pesantren Modern Al kautsar hingga kemenangan ini.

Dalam perjalanan di Babak Grand Final, dua dari empat Santri Al Kautsar berhasil masuk TOP-6 besar. Mereka adalah Ahmad Raihan Al Farabi dan Tasya Julia. Kemudian Dari 2 orang yang masuk Top -6 besar, satu orang berhasil masuk TOP-3 besar, yaitu Tasya Julia, hingga akhirnya dinobatkan sebagai Runner Up. Satu lagi santri yang masuk dalam TOP-6 besar adalah Ahmad Raihan Al Farabi, yang kemudian meraih Juara Duta Berbakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top