Sungai Pinang(Pesisir Selatan)-sumateraline.com-  Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama (Laksma) TNI Benny Febri, M.M., M.Tr.Opsla, meresmikan Nagari Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) binaan TNI AL , pada Senin, (15/5/2023).

" KBN merupakan program TNI Angkatan Laut. Program ini sudah dilaksanakan di seluruh wilayah oleh TNI AL baik itu di Lantamal maupun Lanal'', ucap Danlantamal II Padang Laksamana Pertama  TNI Benny Febri, M.M., M.Tr.Opsla.

Masih kata Komandan Lantamal II Padang, KBN ini merupakan sinergi TNI AL dengan Pemerintah dan rakyat, "Sinergi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lima bidang yakni Edukasi, bidang kesehatan, Pariwisata, Ekonomi serta Pertahanan. Harapan kami, setelah diresmikan, masyarakat dapat tetap menjaga dan mengembangkan desa ini sebagai kampung bahari nusantara. Tentunya dengan dukungan asistensi dari Pemda  sehingga program ini tetap atau terus berjalan," ungkapnya.

Dengan adanya KBN,  jika ada sesuatu hal yang menjadi penghambat atau merugikan masyarakat di laut khususnya nelayan, maka masyarakat dapat melaporkan ke aparat setempat dan meneruskan ke TNI AL. Sehingga TNI AL dapat mengantisipasinya dengan cepat, baik itu kegiatan ilegal maupun kegiatan yang menggangu masyarakat nelayan.

Selain itu, ia juga berharap, agar program ini tidak sampai hanya pada peresmian, namun akan berkelanjutan. Apabila ada daerah-daerah yang memungkinkan dijadikan kampung bahari nusantara, maka akan juga dilaksanakan hal yang sama.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan yang diwakili staf ahli  Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setdakab Pesisir Selatan, Nuzirwan sangat mengapresiasi penetapan Sungai Pinang menjadi KBN oleh TNI AL. Ia menilai program itu menjadi semangat untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memberdayakan potensi maritim yang stregis, guna mendorong kemajuan dan kemandirian.

Menurut dia, KBN dengan kluster-kluster pengembangan yang meliputi Edukasi, Pariwisata, Kesehatan,  Ekonomi, dan Pertahanan, sejalan dengan cita cita pengembangan Kabupaten Pesisir Selatan ke depan.

"Pemda akan mendukung penuh dan berharap dengan ditetapkannya Sungai Pinang sebagai KBN maka Desa ini dapat maju dan berkembang baik dalam aspek SDM dan lainnya, serta hadirnya program ini di Pessel, akan memicu pertumbuhan yang berkualitas, dimulai dari desa sehingga mendorong kemajuan daerah secara menyeluruh," paparnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Vidio confrece bersama Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin dalam rangka peresmian KBN secara serentak se-Indonesia dan penyerahan CSR Bank BRI kepada Lantamal II Padang untuk penunjang KBN di Sungai Pinang.(SRP)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top