Payakumbuh, SUMATERALINE — BPJS Kesehatan Cabang Kota Payakumbuh melakukan sosialisasi kepada lingkungan pemerintah daerah yang mencakup kelurahan dan kecamatan serta LPM se-kota Payakumbuh. Kegiatan yang berlangsung di aula pertemuan ngalau indah lantai III kantor walikota Payakumbuh itu bertujuan untuk memastikan seluruh perangkat daerah yang berhubungan langsung dengan masyarakat telah terinfo dengan baik tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan.

Adapun untuk mensukseskan sosialisasi tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Kota Payakumbuh menghadirkan narasumber yng berkompeten, yakni Direktur Utama RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh, Dr. Junaidi dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianto, SKM. M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, yang diwakili Kepala Bagian SDMUK Rizky Sistazha menyampaikan bahwa semua Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal minimal 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta JKN-KIS. 

“Untuk itu, kami berharap persebaran informasi tentang Program JKN-KIS juga sampai secara merata di seluruh wilayah kota Payakumbuh, bukan hanya di wilayah yang dekat dengan pusat pemerintahan saja. Wilayah-wilayah yang berada di perbatasanpun harus terinfo dengan baik agar masyarakat paham prosedur pelayanan kesehatan,” ungkap Rizky, Selasa (27/6/2023).

“Tujuan kegiatan sosialisasi Program JKN-KIS untuk meningkatkan pengetahuan terkait hak dan kewajiban menjadi peserta dan memberikan persamaan persepsi terkait mekanisme untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL),” ujar Rizky.

Berbagai langkah yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Kota Payakumbuh agar program JKN-KIS dapat terus berjalan berkesinambungan diantaranya melalui perluasan cakupan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dan peningkatan kolektabilitas iuran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih dikenal sebagai peserta mandiri.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap perangkat daerah, baik itu Camat, lurah serta ketua LPM di kota Payakumbuh dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih lanjutnya tentang manfaat dan kegunaan program JKN-KIS atas apa yang sudah kami sampaikan sebelumnya terkait program ini,” harap Rizky.

Sementara itu, salah seorang peserta sosialisasi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas waktu dan kesempatan dari BPJS Kesehatan Cabang Kota Payakumbuh yang telah menggelar dan melaksanakan sosialisasi yang nantinya untuk disampaikan kembali keseluruh warga kota payakumbuh.

Peserta tersebut sampaikan harapannya pasca sosialisasi digelar. Dimana ia berharap sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kota Payakumbuh dapat selalu berlangsung secara simultan, agar informasi penting seperti ini dapat langsung diketahui oleh masyarakat melalui kami nantinya. Dan tentunya kepada seluruh peserta yang hadir nantinya agar dapat menyampaikan informasi yang diterima ini kepada sanak saudara, tetangga maupun yang lainnya agar pemahaman tentang Program JKN-KIS ini benar-benar dipahami betapa pentingnya memiliki jaminan kesehatan,” tukuk peserta tersebut. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top