Padang - Pemerintah Kota Padang menghadirkan inovasi baru dalam upaya mengingatkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan di destinasi wisata Kota Padang. Inovasi tersebut yakni, Sistem Patroli Kebersihan Sampah Pantai Padang (Sipak Santiang).

Inovasi Sipak Santiang ini secara resmi diluncurkan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu memimpin Apel Aksi Bersih-Bersih Pantai Padang yang dilaksanakan oleh Praja IPDN  Kampus Sumatera Barat di Plaza Pantai Purus Padang, Minggu (25/6/2023).

Wako Hendri Septa mengatakan, saat ini berbagai inovasi telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang dalam upaya mengatasi persoalan sampah seperti pemasangan kubus apung, program Padang Bergoro, dan juga peta digital kontainer sampah guna mempermudah masyarakat yang ingi  membuang sampah.

"Kita juga telah mencanangkan Padang Darurat Sampah sebagai upaya untuk memberi peringatan kepada masyarakat bahwa Padang sedang tidak baik-baik saja soal sampah ini. Hari ini kita melauching Sipak Santiang, muda-mudahan inovasi ini dapat mengatasi persoalan sampah di Kota Padang terutama di sepanjang Pantai Padang," pungkas Wako Padang itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Sani menjelaskan, Sipak Santiang merupakan sebuah inovasi  untuk mendukung Satgas para petugas kebersihan yang sebelumnya telah ada. Satgas Sipak Santiang ini akan menyisir destinasi wisata pantai Padang dan memberi imbauan kepada pengunjung  untuk menjaga kebersihan. 

"Kita akan menyiapkan 10 unit skuter listrik  beserta 10 orang petugas berkeliling pantai Padang dan memberi himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Untuk saat ini akan kita laksanakan setiap hari libur, Sabtu dan Minggu," pungkasnya.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top