Limapuluh Kota, SUMATERALINE — Untuk meningkatkan keamanan dan mencegah terjadinya kejahatan pencurian, gangguan keamanan dan ketertiban umum di tengah-tengah masyarakat, pemuda bersama Pemerintah Nagari Nagari Batu Payuang, kini memasang kamera pengawas CCTV(Closed Circuit Televison) khususnya di sepanjang jalan raya dan beberapa titik rawan terjadinya aksi kejahatan.

Diungkapkan salah seorang pemuka masyarakat R. Dt Maharajo Dirajo didampingi perangkat pemuda Parland dan Em Yusuf kepada media mengatakan pemasangan CCTV ini tak terlepas dari peran Wali Nagari Batu Payuang Al Aswandi yang kemudian di respon positif oleh Camat Lareh Sago Halaban Wahyu Marmora Samry SH, serta dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Desri, S.Pd, MM.

Iya, pemasangan kamera pengawas ini harus kami lakukan karena beberapa faktor krusial. Pertama, Pakan Rabaa ini berada di lintasan jalur penghubung antar Provinsi. Kedua, Pakan Rabaa adalah pusat kecamatan sekaligus sentral perekonomian yang mencakup delapan nagari yang ada di Kecamatan Lareh Sago Halaban. Ketiga, tingginya kriminalitas akhir-akhir ini khususnya pencurian kendaraan (curanmor) yang terus berulang sehingga hal ini membuat terganggunya aktivitas perekonomian dan timbulnya kegaduhan yang berdampak pada hubungan sosial antar sesama masyarakat,” ungkap R. Dt Maharajo Dirajo.

R. Dt Maharajo Dirajo mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, khususnya Pemerintah Nagari atas fasilitas dan perhatian kepada masyarakat Lareh Sago Halaban. Tanpa dukungan itu, mustahil dapat terlaksana.

“Mewakili masyarakat banyak, kami ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan dan support Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota terkhusus kepada pak Wali Nagari Al Aswandi yang selalu mendukung dan terus bersama-sama masyarakat untuk kemajuan nagari, serta semua pihak yang terlibat yang tak dapat kami sebutkan satu persatu. Meski sebenarnya kebutuhan akan pemasangan kamera pengawas CCTV ini sudah sejak lama diharapkan masyarakat, namun dulu karena keterbatasan teknologi dan biaya serta faktor lainnya, sehingga hal ini baru bisa diwujudkan sekarang melalui anggaran nagari dan swadaya masyarakat,” beber R. Dt Maharajo Dirajo.

Sementara, Wali Nagari Batu Payuang Al Aswandi purnawirawan Polisi peraih piagam Kalpataru dari Kapolri Jenderal Sutarman pada tahun 2014 silam itu menyampaikan rasa haru atas semangat dan sinergisitas warganya dalam menjaga dan turut ikut memajukan nagari.

Permasalahan dalam nagari ini tentu tidak hanya tugas perangkat nagari semata, persoalan Kamtibmas adalah tanggungjawab kita semua, warga masyarakat berkewajiban untuk ikut menjaga dan memeliharanya bersama. Atas nama Pemerintah Nagari, saya siap berkolaborasi dan mendengar aspirasi masyarakat, jiwa raga pun akan saya berikan untuk kemajuan nagari yang sama-sama kita cintai ini. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat. Semoga kebersamaan kita ini dapat terus terjaga dan melahirkan sebuah warisan yang bermanfaat kelak bagi generasi berikutnya,” tukas Wali Nagari Al Aswandi mengakhiri. 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top