Payakumbuh, SUMATERALINE — Datang untuk bersilaturahim tepat diawal tanggal 1 Muharam 1445 Hijriah, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Rida Ananda sambangi kediaman H. Saan, Dt. Majo Itam yang berada di kelurahan Sungai Durian, kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina). Kedatangan Rida Ananda kerumah salah seorang tokoh di Latina itu tidak sendiri, dimana Rida turut didampingi Camat Latina Diki Engla, serta Lurah Sungai Durian Allan Permana Erianto bersama ketua Karang Taruna dan LPM Sungai Durian, Rabu (19/7/2023).

Selain untuk silaturahim, Pj. Walikota Payakumbuh itu sampaikan jika maksud kedatangannya bersama rombongan juga untuk menyampaikan ucapan terimakasih serta ingin mengetahui lebih lanjut atas tujuan dari Dt. Majo Itam menghibahkan tanah miliknya kepada Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh.

Diawal perbincangan, Rida katakan bahwasanya  dengan diterimanya tanah hibah dari Dt. Majo Itam akan menjadi karunia bagi warga Latina terkhusus untuk warga kelurahan Sungai Durian. Dimana atas apa yang dilakukan oleh Dt. Majo Itam dapat menjadi contoh yang sangat baik dan sangat luar biasa bagi semua.

"Terimah kasih pak Datuak, ini tentu menjadi  contoh yang luar biasa bagi kita semua. Dimana pak Datuak dengan ikhlas mewakafkan tanahnya setelah mendengar bahwa kami (Pemko Payakumbuh) butuh lahan untuk kantor lurah disini. InshaAlloh apa yang telah pak Datuak lakukan ini lakukan akan menjadi amal jariah,” ujar Rida.

Adapun untuk tanah yang dihibahkan oleh Dt. Majo Itam kepada Pemko Payakumbuh lebih kurang seluas 357 meter persegi itu rencananya untuk pembangunan kantor lurah Sungai Durian. 

“Alhamdulilah, untuk surat dan sertifikat tanah yang dihibahkan ini sebelumnya telah diselesaikan. Dan saat ini (tanah hibah) telah menjadi milik Pemko Payakumbuh,” beber Rida bahagia.

Dan atas bantuan dari Dt. Majo Itam untuk Pemko Payakumbuh, Rida akan mengundang Dt. Majo Itam untuk ikut serta dalam memperingati 17 Agustus 2023 nanti.

“Pemko Payakumbuh sangat mengapresiasi ini tentunya. Serta pada kesempatan 17 Agustus besok, Pemko Payakumbuh akan memberikan apresiasi kepada Datuak Majo Itam,” ungkap Rida.

Menanggapi atas apa yang di sampaikan orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu, Dt. Majo Itam sampaikan jika dalam melakukan pemberian hibah tanah kepada Pemko Payakumbuh, khususnya di kecamatan Latina dan terutama pada wilayah Kelurahan Sungai Durian, yakni untuk kepentingan bersama.

"Alhamdulilah, dengan telah diserahkan hak dan kewenangan sepenuhnya kepada Pemko Payakumbuh ini tentunya kami berharap kedepannya akan dapat dimanfaatkan secara baik untuk kepentingan masyarakat banyak," tukas Dt. Majo Itam.

Dan setelah menerima atas apa yang disampaikan Dt. Majo Itam, Rida Ananda merasa sangat senang dan bahagia, karna telah mengetahui tujuan dihibahkan tanah tersebut.

Diakhir penyampaiannya, Rida turut memuji Dt. Majo Itam tersebut, dimana pada usia yang sudah menginjak 81 tahun Dt. Majo Itam masih kuat dan aktif untuk pergi ke mesjid dalam melaksanakan sholat 5 waktu.

“Kami yang masih muda ini tentu sangat merasa terpukul atas contoh yang diberikan pak Datuak. Dan tentunya kami berharap selain sikap yang sungguh mulia untuk kepentingan bersama, pak Datuak juga telah memberikan contoh yang sangat luar biasa bagi generasi penerus dalam menegakkan nilai-nilai agama,” tutup Rida. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top