Tanah Datar-sumateraline. Com  (20 Juli 2023) 

Antusias masyarakat dalam mengikuti Musyawarah Nagari (Musna) Nagari Parambahan yang di laksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar pada Kamis (20/7) 
Wali Nagari Parambahan H. Robi Yasdi pada sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada Tim Musna Kabupaten Tanah Datar beserta undangan yang hadir pada Musyawarahkan Nagari (Musna) Nagari Parambahan. 

Kami sebagai Pemerintahan Nagari kalau ada salah dan kekurangan duduk tidak pada tempatnya mohon di maafkan, sekarang kita melaksanakan Musna Nagari bersama BPRN yang diselenggarakan dan didanai Pemerintah Nagari. 

"Saya sampaikan kepada masyarakat Nagari, bahwa ini adalah Musna Nagari terakhir yang saya laksanakan sebagai Wali Nagari di Parambahan Periode 2018-2023, " Ujarnya.

InsyaAllah pada perencanaan nanti kita merencakan dan mengusulkan untuk pembangunan Nagari serta bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat, sesuai dengan tema kita " Dengan
Perencanaan yang tepat, menghasilkan Manfaat yang maksimal untuk masyarakat".

Tujuan kita bersama BPRN, hari ini kita meminta usulan kepada masyarakat apa yang akan di usulkan di tahun 2024 nanti. Perlu kami sampaikan kepada masyarakat bahwa ada usulan yang kita sampaikan di 5 tahun yang lalu secara berturut-turut tidak terlaksana, bukan kita tidak mau mengerjakan tetapi karena kita terbatas anggaran di Negari, untuk itu kita usulkan kembali di tahun 2024, kata Wali Nagari Rabi Yasdi. 

Sementara itu Ketua Tim Musna Nagari Kabupaten yang di Wakili Camat Lima Kaum Ikrar Pahlevi, S. STP menyampaikan, Musyawarah Nagari merupakan wadah penting dan strategis bagi masyarakat untuk menyalurkan gagasan dan kebutuhannya agar dapat difasilitasi oleh Pemerintah Nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Nagari, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Undang-Undang tersebut mengamanatkan bahwa Rekomendasi Musyawarah Nagari menjadi pedoman bagi Pemerintah Nagari, BPRN dan lembaga di nagari dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

“Untuk itu, mari kita berperan aktif dalam diskusi kelompok, sehingga dapat menghasilkan perencanaan yang baik dalam pembangunan,” kata Camat

Di kesempatan Musna ini salah seorang Tokoh masyarakat Nagari Parambahan, mantan Wakil Bupati dan Bupati sisa masa Jabatan 2021 Zuldafri Darama meyampaikan, Musna Nagari perlu kita laksanakan setahun sekali, menyampaikan dan menampung segala usulan yang akan dimasukan dalam RKP Nagari tahun 2024.

"Kita sampaikan Apresiasi kepada masyarakat dan Pemerintahan Nagari, karena masyarakat cukup antusias untuk mengikuti kegiatan Musyawarah Nagari ini, tadi kalau kita lihat lebih seratus orang yang hadir ditambah undangan dari Tim Kabupaten, "kata Zuldafri Darma Tokoh Masyarakat Parambahan. 

Seperti yang disampaikan Ketua Tim tadi, sudah banyak Nagari yang beliau hadiri pada Musna ini, hanya di Nagari Parambahan yang paling banyak pesertanya untuk mengikuti Musyawarah Nagari, baik itu segi kuantitas paling banyak kehadiran di Nagari Parambahan, tambahnya. 

Musyawarahkan Nagari dibuka Ketua BPRN A.E Malin Panduko, Tim Musna Kabupaten, Forkopinca, Camat Lima Kaum Ikrar Pahlevi, Danramil 02 yang diwakkli Babinsa, Kapolsek Lima Kaum diwakili Babinkamtibmas, OPD terkait, turut dihadiri mantan Wakil Bupati dan Bupati sisam masa Jabatan H. Zuldafri Darma yang juga Bacaleg DPRD Provinsi, KAN, Niniak Mamak, KUA, serta undangan lainnya.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top