Patamuan-Bentuk dukungan dalam melestarikan kearifan lokal serta adat istiadat di wilayah binaan Babinsa Koramil 03/Sungai Sariak. Sertu Iral Nurja menghadiri acara Sedekah Bumi biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Nagari  Tandikek Selatan, Kecamatan Patamuan Kabupaten padang pariaman dengan beberapa rangkaian acara.
Rabu 20 September 2023

Sedangkan acara Sedekah Bumi digelar dengan rangkaian acara, Di awali kegiatan Malam Dikie. Dilanjukn hari ni Siang pembacaan Do’a bersama dan makan bersama.

Sedekah Bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, Warga Nagari tandikek selatan, korong tabun pondok duo utara. merupakan salah satu Nagari warganya yang masih memegang teguh dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang dan tak lekang oleh perubahan zaman, salah satunya adalah perayaan Sedekah Bumi. Acara Tahunan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara desa Tahunan dengan desa yang lain dalam perayaan Sedekah Bumi tersebut.

Babinsa Tandikek selatan Sertu Iral Nurja menuturkan “Kami sangat berterimakasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Nagari yang masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih di teruskan dan dikenalkan kepada penerus tokoh pemuda di korong pondok duo utara,” ungkap Babinsa.

Selaku Babinsa dan aparat Komando kewilayahan mendukung penuh kegiatan sedekah bumi warga Nagari binaan yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap di pertahankan di masa modern seperti saat ini, pungkasny.(babinsa)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top